VIDEO - Aksi Kamisan di Pekanbaru angkat isu kabut asap karhutla

id kamisan di pekanbaru,aksi kamisan,berita riau antara,berita riau terbaru,karhutla,kabut asap pekanbaru

VIDEO - Aksi Kamisan di Pekanbaru angkat isu kabut asap karhutla

Sebanyak 17 Relawan mahasiswa dan pegiat Hak Asas Manusia (HAM) menggelar Aksi Kamisan di depan Tugu Perjuangan Jl. Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (19/9/2019). (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 17 Relawan mahasiswa dan pegiat Hak Asas Manusia (HAM) menggelar Aksi Kamisan di depan Tugu Perjuangan Jl.Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (19/9/2019).

Aksi kamisan di Pekanbaru sudah digelar 4 kali dan dilakukan setiap Kamis pukul 16.00-17.00 WIB. Mereka mengenakan pakaian dan atribut serba hitam, berdiri, diam, dan berpayung hitam bertuliskan berbagai kasus pelanggaran HAM.

"Aksi kami merupakan aksi diam namun melalui poster kami mengingatkan masyarakat akan pentingnya penegakan HAM, terkhusus di Riau kami mengangkat permasalah Asap karena Hak kita untuk mendapatkan udara segar sudah selama 22 Tahun tidak digubris, mulai dari tahun 1997 kebakaran hutan tak pernah padam hingga tahun ini," kata Nanang Permana Relawan Aksi Kamisan Pekanbaru.

Baca juga: Karhutla Riau - Gubernur Riau dukung Tour de Siak dilanjutkan meski masih ada kabut asap



Protes diam ini bentuk solidaritas untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwasannya negara tidak peduli dengan penegakan HAM, terkhusus di bulan September ini, dimana bulan ini menjadi saksi gelap akan terjadinya pelanggaran-pelanggaran HAM, dimulai dari Kasus Tanjung Priok, Munir, Semanggi, dan tragedi 1965.

"Seiring dengan itu kami juga ingin menyampaikan aspirasi penolakan atas pelemahan KPK, Demokrasi tak lagi dipertimbangkan dalam memutus suatu keputusan yg sangat rawan. Anggota Legislatif seakan dipaksa untuk mengejar target dalam mengesahkan RUU KPK," sambung Nanang Permana.

Di Jakarta Aksi Kamisan sudah menginjak umur 12 tahun, sejak 18 Januari 2007. Para korban dan keluarga pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat juga beraksi mengenakan pakaian dan atribut serba hitam di depan Istana Negara.

Baca juga: Karhutla Riau telan kerugian Rp50 triliun

Baca juga: Rumah singgah Mal Pelayanan Publik didatangi satu keluarga karena sesak nafas


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar