Jembatan ambruk di Pelabuhan Buton Siak, satu tenggelam belum ditemukan

id jembatan siak ambruk, korban hilang

Jembatan ambruk di Pelabuhan Buton Siak, satu tenggelam belum ditemukan

Kondisi Jembatan Penyeberangan yang ambruk di Pelabuhan Buton, Siak, Selasa. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - Satu orang tenggelam dalam tragedi ambruknya Jembatan Penyeberangan Orang dan Kendaraan ke Kapal "Roll and Roll" Pelabuhan Tanjung Buton, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, pada Selasa siang.

"Iya satu orang, HP-nya sudah tidak aktif. Tadi dia ada di situ," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Siak, Arif Fadhillah.

Kapal tersebut terlihat masih berada di seberang dan sudah terisi mobil dan kendaraan lainnya. Kapal tersebut rencananya akan berlayar ke Batam, Kepulauan Riau.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kronologis maupun penyebab jembatan penyeberangan itu ambruk. Diketahui bahwa ini adalah aset Dinas Perhubungan Provinsi Riau mengingat ini adalah pelabuhan antardaerah.

Sampai saat ini, menurut Camat Sungai Apit Wahyudi yang dihubungi Antara, korban belum ditemukan."Iya ambruk, korban belum ditemukan," ungkapnya.

Atas kejadian ini, Bupati Siak Alfedri juga langsung terjun ke lokasi meninjau peristiwa tersebut. Terlihat sudah ada garis polisi dan masyarakat yang ramai berkerumun diingatkan agar tidak mendekat.

Hal itu karena tidak seluruhnya jembatan yang ambruk. Bisa jadi kemungkinan busa menjalar lagi ambruk ke jembatan yang masih kokoh.

Kejadian ini menjadi perhatian publik, juga lembaga swadaya masyarakat. Seperti KetuaLSM Penyelamat Hutan dan Hukum Indonesia (PH2I), Kabupaten Siak,DwiPurwanto, mengharapkankejadian ini tidak memakan korban, dan pihak terkait bisa segera melakukan pertolongan dengan segera.

"Hal ini seharusnya tidak perlu terjadi, mengingat fasilitas umum ini, tentu sudah di desain sangat kokoh dan kuat. Dengan kejadian ini, harus dicari penyebab pastinya agar bisa diantisipasi di kemudian hari, dan tidak terulang. Semoga kejadian ini tidak memakan korban jiwa dan pihak-pihak terkait dapat segera melakukan pertolongan dengan segera untuk para korban," tuturnya.

Baca juga: VIDEO - SAR evakuasi enam kru KM Hamisa Jaya yang tenggelam ke Dumai

Baca juga: Bocah tenggelam di Sungai Siak ditemukan tewas


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar