PT Jamsostek Sangat Bantu Pemerintah Kota Dumai

id pt jamsostek, sangat bantu, pemerintah kota dumai

Dumai, 21/12 (ANTARA) - Keberadaan PT Jamsostek di Kota Dumai dinilai Wali Kota Dumai, Riau, H Khairul Anwar, sangat membantu pemerintah dalam upaya memberikan jaminan dan perlindungan keselamatan dan kecelakaan kerja bagi tenaga kerja disana.

"Untuk itu, sudah sepantasnya pemerintah dan sejumlah perusahaan yang beroperasi di Dumai memberikan sumbangsih yakni dengan cara menjadi pelanggan tetap Jamsostek sebagai wujud kepedulian keselamatan kerja," kata Khairul di Dumai, Selasa.

Di samping itu, menurut Khairul, PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) mestinya juga dapat menyalurkan program bantuan berupa peralatan dan fasilitas pendukung lainnya dalam rangka pelayanan dan kerjasama dengan berbagai perusahaan.

Sejauh ini pemerintah kota (pemkot) sangat mendukung dan mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh Jamsostek melindungi keselamatan kerja para peserta krena selain upaya peningkatan pelayanan, PT Jamsostek juga turut membantu pemerintah dalam memberikan jaminan perlindungan dari kecelakaan kerja yang dialami pekerja.

Wali Kota mencontohkan, PT Jamsostek Cabang Dumai Senin kemarin menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan RSUD setempat mendirikan pusat pelayanan " Trauma Centre" kesehatan bagi peserta Jamsostek Kota Dumai.

"Diharapkan kesepahaman itu dapat memberikan kemudahan pelayanan kesehatan bagi peserta Jamsostek yang mengalami musibah kecelakaan kerja.

Para peserta Jamsostek di Kota Dumia kini tidak perlu lagi bingung dan panik ketika mengalami kecelakaan kerja, karena bisa langsung berobat dan mendapatkan pelayanan medis RSUD Kota Dumai dengan cepat dan mudah tanpa harus terbeban biaya," terangnya.

Dengan dibukanya pusat pelayanan ini, terang wako, diharapkan pihak Jamsostek dan RSUD segera mensosialisasikannya ke tengah perusahaan peserta Jamsostek supaya dapat dipahami dan diketahui oleh seluruh tenaga kerja peserta Jamsostek.

Hal ini penting karena hak dari peserta Jamsostek tersebut untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dan optimal dalam rangka kelancaran aktivitas perusahaan dan Jamsostek sendiri.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah II Sumatera Bagian Selatan PT Jamsostek Riau dan Kepri Sutisno Firdaus mengatakan, Jamsostek sebagai lembaga penjamin keselamatan dan kecelakan kerja bagi tenaga kerja akan semakin mengintensifkan pelayanan kepada seluruh peserta.

"Kedepannya seluruh perusahaan yang berkomitmen dengan PT Jamsostek akan diikat dengan MoU dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Dumai secara mudah dan cepat," ringkasnya.