Kuansing Tak Miliki Dana Pengembangan Obyek Wisata

id kuansing tak, miliki dana, pengembangan obyek wisata

Teluk Kuantan, Riau, 16/12 (ANTARA) - Obyek wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, tidak memiliki dana pengembangan obyek sehingga potensi wisata di daerah itu terbengkalai.

"Obyek wisata di Kuansing ada 20 lokasi yang layak dikembangkan sebagai lokasi wisata alam, sejarah dan budaya. Akan tetapi kami tidak memiliki dana pengembangan obyek wisata," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kuansing, Tarmis, di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, untuk pengembangan obyek wisata itu sebetulnya pihaknya akan memfokuskan satu persatu pembenahan kawasan objek wisata di Kuansing, mulai dari air terjun Guruh Gemurai di Kuantan Mudik terus ke air terjun Batang Koban di Hulu Kuantan.

Namun, lanjut dia, keinginan tersebut terkendala sebab sejak tahun 2009, lokasi wisata air terjun Guruh Gemurai di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik tidak mendapatkan dukungan anggaran APBD Kuansing. Padahal, Disbudparpora Kuansing tetap mengusulkannya.

"Saya tidak tahu persis hilangnya dimana, padahal telah terus kami usulkan," ujar Tarmis.

Sedangkan pada tahun yang sama (2009), Pemprov Riau hanya menganggarkan untuk pembenahan lokasi air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Kecamatan Hulu Kuantan, sebesar Rp420 juta dan bukan untuk Air Terjun Guruh Gemurai, sebutnya.

"Kita tidak memiliki anggaran untuk pengembangan objek wisata, sehingga obyek wisata Kuansing kurang diminati oleh para wisatawan domestik apalagi wisatawan asing," katanya.

Ia menambahkan, memang sulit untuk melakukan promosi wisata, sebab Kuansing tidak memiliki anggaran pengembangan wisata. Padahal melalui sektor pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, disamping memberikan pemasukan bagi pendapatan asli daerah.

Sehingga, katanya, sangat sulit bagi wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata kuansing, karena infrastruktur wisata tersebut sangat kurang, dan kalaupun ada sangat minim sekali, tambahnya.

"Padahal kami telah mengusulkan, agar kawasan air terjun Tujuh Tingkat dan air terjun Guruh Gemurai sebagai andalan objek wisata di Kuansing," harapnya.