Pendatang baru di dunia saham Riau capai 2.647 investor

id Saham,BEI Riau

Pendatang baru di dunia saham Riau capai 2.647 investor

Ilustrasi Bursa Efek. (ANTARA).

Pekanbaru (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Riau mencatat, jumlah pendatang baru di dunia saham setempat mencapai 2.647 investor, hingga Juli 2019.

"Jumlah ini alami pertumbuhan sebesar 11 persen, pada Juli 2019 dibandingkan kurun waktu yang sama pada tahun lalu," kata Kepala BEI Riau Emon Sulaeman di Pekanbaru, Jumat.

Emon menjelaskan, jika dilihat dalam kurun waktu bulan berjalan sejak Januari-Juli 2019, pertumbuhan investor baru di Riau malah lebih besar mencapai 17,8 persen. Ini capaiannya sudah melebihi separuh dari target tahunan yang dipatok untuk Cabang BEI Riau.

Ia menambahkan BEI miliki target investor baru pada 2019 naik 70 persen, dibanding tahun lalu.

"Pencapaiannya sampai dengan Juli 2019 sudah 40 persen, tersisa 30 persen lagi," tutur Emon yang sudah puluhan tahun bertahan di BEI Riau.

Ia meyakini, untuk sisa waktu yang masih tersisa menjelang penutupan buku akhir tahun, BEI Riau akan mampu meraih capaian target 70 persen.

"Kita juga masih optimis bisa mencapai target karena secara historis kenaikan investor baru di semester II biasanya lebih tinggi dibanding semester I," imbuhnya.

Emon mengatakan dengan adanya penambahan investor tersebut, angka transaksi saham di Riau setiap bulannya saat ini rerata berada di posisi Rp643 miliar.

"Rerata transaksi per bulan ini sama dengan tahun lalu," tutur Emon.

Kondisi ini disebabkan karena indeks harga saham gabungan pada tahun ini, cenderung mengalami penurunan meski ada momen pemilu legislatif dan pemilu presiden. Diakuinya tahun ini berbeda polanya nya dengan lima tahun atau sepuluh tahun lalu.

"Pendorongnya karena ada rentang persidangan MK hasil Pilpres yang membuat para investor memilih menunggu yang berpengaruh pada indeks," pungkasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum antara dari BEI Riau, saat ini jumlah investor pasar modal yang ada di daerah itu sudah sekitar 17.000 investor. Lewat angka itu Riau masuk dalam posisi ke-9 dari 10 besar daerah dengan pertumbuhan jumlah investor terbesar di Tanah Air.

Baca juga: Miliki Saham Di Bintan Resort, Pemrov Riau Akan Telusuri

Baca juga: BUMD Terima 10 Persen Saham Blok Siak