260 titik panas tersebar di wilayah Sumatera, Riau 57

id titik panas,karhutla,kabut asap di pekanbaru,bmkg,hotspot sumatera

260 titik panas tersebar di wilayah Sumatera, Riau 57

Petugas Manggala Agni memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Sungai Rambutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (15/8/2019). ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu/pras.

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan sebanyak 260 titik panas yang jadi indikasi awal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tersebar di wilayah Sumatera pada Senin pagi.

“Iya, paling banyak di Sumatera Selatan ada 97 titik panas,” kata Staf Analisis BMKG Stasiun Pekanbaru, Nia Fadhila di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: BNPB: Kualitas udara Riau membaik meski masih ada titik panas

Selain Sumsel yang terdeteksi ada 97 titik panas, daerah lain yang terpantau ditemukan titik panas antara lain Provinsi Jambi ada 75 titik,Provinsi Riau ada 57 titik, Bangka Belitung 13 titik, Kepulauan Riau 9 titik, Lampung 8 titik, danSumatera Utara 1 titik.

Ia mengatakan arah angin berpotensi membawa asap karhutla dari Sumatera Selatan (Sumsel) yang titik panasnya palingbanyak sampai ke Riau, meski dampaknya tidak besar.

“Sumsel ke Riau jaraknya cukup jauh, jadi asap hilang di tengah jalan,” katanya.

Lia mengatakan asap atau jerebu karhutla yang berpotensi menyelimuti Riau berasal dari kebakaran di wilayah ini sendiri. Dari 57 titik panas di Riau, paling banyak di Indragiri Hilir (Inhil) ada 22 titik, Pelalawan 21 titik,Kepulauan Meranti 9 titik, Inhu ada tiga titik, Bengkalis 1 titik danRohil 1 titik.

“Untuk sebaran asap Riau sendiri banyak hotspot juga, jadi asapnya dari hotspot di Riau,” katanya.

Ia mengatakan jarak pandang (visibility) di Pekanbaru cukup bagus karena pada sekitar pukul 10.00 WIB mencapai 7 kilometer (Km). “Asap dirasakan tak begitu besar, hampir tidak terasa,” katanya.

Kemudian di daerah lain seperti Kota Dumai jarak pandang 6 Km dan Kabupaten Pelalawan 5 Km pada pagi tadi, sedangkan di Kota Rengat Kabupaten Inhu jarak pandang hanya 4 Kmkarena kondisi udara kabur (hazey).

Ia menambahkan peluang hujan di Riau saat ini sangat minim, potensi cuaca cerah berawan. Suhu udara diperkirakan 23 sampai 33 derajat Celcius.

Baca juga: Puluhan anggota Manggala Agni upacara HUT RI di lokasi Karhutla

Baca juga: Tim reaksi cepat BPBD Inhil upacara bendera peringatan RI di lokasi Karhutla