Peserta SMN Yokyakarta kagumi Pasar Bawah Pekanbaru

id SMN, SMN Riau, SMN 2019, SMN Riau 2019

Sejumlah peserta SMN asal Yogyakarta berburu ikan selais asap di Pasar Bawah Pekanbaru, Minggu (18/8). (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2019 asal Yogyakarta mengagumi pusat oleh-oleh Pasar Bawah Pekanbaru, selain lengkap dengan jenis oleh-olehnya juga bersih, ada fasilitas penunjang tangga dan eskalator.

"Pasar Bawah bagus, banyak pilihan oleh-oleh, nyaman dan bersih," kata Novita Wahyu siswi SMKN 3 Wonosari Gunung Kidul, Yogyakarta kepada antara di Pekanbaru, saat momenberburu oleh di Pekanbaru, Ahad.

Berburu oleh-oleh adalah rangkaian kegiatan lanjutan SMN 2019 di Pekanbaru memasuki hari ke-6.

Acara yang dihelat oleh tiga BUMN ini nyaris berakhir di Pekanbaru, karena 23 peserta SMN dan tujuh guru pendamping asal Yogyakarta esok hari akan bertolak ke Siak.

Saat berbelanja Novi dan sesama rekannya juga tidak sungkan bertanya apa oleh-oleh khas Riau, lalu disodorkan oleh pemilik toko, di antaranya lempuk durian, kacang pukul, dodol dan sebagainya.

Bahkan Luluk yang mengaku baru kali ini ke Pekanbarukarena terpilih jadi peserta SMN dari sekolahnya, mengaku terobsesi ingin membeli ikan selais asap.

Setelah mencari tahu lokasi penjual ikan asap, ia menuju lantai dasar dan menemukan kelompok pedagang ikan selais.

"Kata teman di Pekanbaru yang kenalan kemaren, ke Riau belum afdol kalau tidak beli ikan selais asap. Akhirnya aku cari dan ini sudah beli tiga bungkus, sebungkusnya Rp25 ribu," ujarnya.

Selain mengagumi, ternyata para siswa SMN ini juga pintar menawar harga. Siapa sangka anak setaraf SMA ini sempat membuat pemilik toko H A Sabar, Pasar Bawah, Atri, cukup kewalahan dengan rayuan dan tawaran para siswa.

Baca juga: VIDEO- Peserta SMN: Saya mau masuk masuk PNM, bisa kaya nggak?

Betsyeba Galuh SMKN 3 Wonosari, ini misalkan miliki tips untuk menawar barang dagangan.

"Tipsnya beli lebih dari satu biar bisa dapat diskon," katanya mengajarkan.

Misalkan kalau harga per bungkusnya Rp35.000 coba tawar tiga bungkus Rp100 ribu, pasti dikasih," ujarnya.

Pemilik toko oleh-oleh H A Sabar, mengaku senang didatangi peserta SMN. Ia tampak sabar satu per satu menjawab pertanyan harga makanan ringan dagangannya. Termasuk tawar-menawar yang alot antara siswa dan pria paruh baya itu.

"Alhamdulillah hari ini toko oleh-oleh H A Sabar didatangi anak-anak Siswa Mengenal Nusantara asal Yokyakarta," kata Atri sumringah.

Diakui Atri, setiap hari Minggu dan libur banyak wisatawan datang berbelanja oleh-oleh ke Pasar Bawah Pekanbaru.

Baca juga: Kunjungan religi peserta SMN Yogyakarta ke Masjid An Nur Pekanbaru

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar