Kunjungan religi peserta SMN Yogyakarta ke Masjid An Nur Pekanbaru

id SMN, SMN Riau, Masjid An Nur, SMN Riau 2019

Kunjungan religi peserta SMN Yogyakarta ke Masjid An Nur Pekanbaru

Peserta SMN asal Yogyakarta saat berada di Masjid An Nur Pekanbaru. (Foto Antaranews/Vijay Kuntau/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 terus digelar, rugi rasanya bila melewatkan satu jam tanpa menelusuri tempat-tempat bersejarah ataupun destinasi wisata di Pekanbaru, Riau

Pada Sabtu siang, rombongan SMN 2019 berkunjung Ke Masjid Agung An Nur Pekanbaru. Untuk mengenal lebih jauh masjid ini peserta SMN 2019 yang berjumlah 23 orang dengan tujuh pemandu melakukan tour dan salat di masjid terbesar di Riau tersebut.

"Masjidnya sangat besar dan luas, saya belum pernah melihat masjid sebesar ini," kata Rosendah salah satu peserta SMN 2019.

Masjid ini juga sering disebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau. Bila kita amati arsitektural masjid Agung An Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Masjid ini dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran awal 50x50 m yang terletak dalam satu pekarangan yang luasnya 400x200 m. Kapasitas masjid dapat menampung sekitar 4.500 orang jamaah. Bangunan masjid terdirim dari tiga tingkat. Tingkat atas digunakan untuk sholat, dan tingkat bawah untuk kantor dan ruang pertemuan, ada juga sekolah di masjid tersebut.

Masjid ini mempunyai tiga buah tangga utama, satu tangga di bagian muka dan dua tangga di bagian samping.

Di bagian atas terdiri dari 13 buah pintu dan bagian bawah terdiri dari empat pintu dengan ruangan yang besar dan sebuah aula. Sedangkan tulisan kaligrafi yang terdapat dalam ruangan masjid ini ditulis oleh seorang kaligrafer bernama Azhari Nur dari Jakarta yang ditulis pada tahun 1970.

Lantai bawah masjid merupakan sekretariat pengurus masjid, remaja masjid serta ruang ruang kelas tempat pelaksanaan pendidikan Islam. Masjid Agung An Nur Riau juga dilengkapi dengan eskalator penghubung antara lantai satu dan dua. Di halaman masjid Agung An Nur Riau merupakan lapangan luas hingga bisa menampung ribuan kendaraan.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Agung An Nur juga sebagai tempat pariwisata dan pusat olahraga di sore hari mengingat halamannya yang begitu luas.

Baca juga: VIDEO - Peserta SMN Yogyakarta saksikan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: VIDEO- Peserta SMN: Saya mau masuk masuk PNM, bisa kaya nggak?


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar