Peserta SMN Yogyakarta belanja ke lokasi wisata Pasar Bawah Pekanbaru

id SMN, SMN 2019, SMN Riau, SMN Yogyakarta, Pasar Bawah pekanbaru

Peserta SMN Riau berkunjung di Pasar Bawah Kota Pekanbaru, Minggu. (Foto Antaranews/Vijay Kantaw/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Belum lengkap rasanya jika peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 tidak membeli oleh-oleh atau buah tangan khas Pekanbaru, Riau. Dalam memenuhi hasrat ini, mereka pergi ke lokasi wisata Pasar Bawah, Minggu.

Pasar Bawah sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi jika mampir ke Kota Pekanbaru. Tempat ini merupakan pasar tertua di Ibukota Provinsi Riau yang berada di persis di tepi sungai Siak dan Pelabuhan.

Pasar Bawah Pekanbaru ini terletak di sebelah utara yang merupakan pusat perbelanjaan yang banyak menyediakan barang-barang antik, pernak-pernik aksesori rumah tangga, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Di sini saya suka karena banyak oleh-oleh khas Pekanbaru dan impor jadi kita bisa memberikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah," kata Intan selaku pendamping SMN 2019.

Sementara itu, sejumlah peserta SMN asal Yogyakarta terlihat antusias berbelanja anek jajanan yang jarang ditemui di daerah asalnya, keripik balado.

Para peserta juga asik berswafoto dengan latar aneka jajanan.

Pasar Bawah bukanlah pasar yang banyak menyajikan aneka sayuran, buah-buahan, bumbu-bumbu masak. Melainkan menjual aneka oleh-oleh khas Kota Pekanbaru dan juga luar negeri. Jika pengunjung ingin memperoleh barang dari negeri tetangga tanpa harus terbang ke negara tersebut, lebih baik berkunjung ke Pekanbaru dan datang ke Pasar Bawah. Di Pasar Bawah, oleh-oleh dari Malaysia, Singapura, Italia, dan masih banyak negara lain lengkap untuk dibeli.

Nah selain itu, Pasar Bawah ini juga terkenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan barang elektronik bekas (second hand) yang berasal dari luar negeri. Berbagai barang luar negeri dengan kualitas impor yang dijual dengan harga "miring", seperti keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, tas wanita dari Italia, dan aneka guci dan patung.

Terdapat pula beragam barang-barang elektronik dan berbagai jenis makanan kecil yang hampir semuanya merupakan produk luar negeri di Pasar Bawah ini. Tersedia berbagai jenis makanan khas Riau seperti lempuk durian, dodol kedondong, ikan salai, ikan asin, selain itu juga tersedia kerajinan khas batik Riau , kain Songket Riau, Baju Melayu Khas Riau dan sebagainya.
Peserta SMN Riau berkunjung di Pasar Bawah Kota Pekanbaru, Minggu. (Foto Antaranews/Vijay Kantaw/19)


Bangunan Pasar Bawah berada di sisi Sungai Siak serta pelabuhan. Untuk menemukan lokasi Pasar Bawah sangat mudah dilihat dari bangunan yang memiliki gaya Melayu dan warna bangunan yang cerah yaitu, warna kuning serta warna hijau. Pasar Bawah ini menjadi tempat wisata belanja yang sudah dikenal oleh warga lokal dan warga yang berkunjung ke Pekanbaru.

Bangunan Pasar Bawah ini terdiri atas empat lantai. Di lantai satu Pasar Bawah ini merupakan tempat untuk pecinta wisata kuliner. Para pengunjung bisa membeli aneka oleh-oleh tradisional seperti dodol durian, lempuk buah durian, ikan salai baung dan ikan asin.

Sementara di lantai dua sampai empat berisi aneka cindera mata, aneka hiasan dan kerajinan serta pakaian.

Baca juga: VIDEO - SMN Yogyakarta ramaikan Pesta Rakyat BUMN di Pekanbaru

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar