Ribuan Peserta Takbir Keliling Di Guyur Hujan

id ribuan peserta, takbir keliling, di guyur hujan

Pasir Pengaraian, Riau 17/11 (ANTARA) - Ribuan pesera pawai takbir keliling menyambut Idul Adha 1431 Hijriyah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau pada Selasa malam diguyur hujan, setelah berlangsung sekitar 50 menit.

Sebelumnya sekitar pukul 21.10 wib sempat dilakukan acara pelepasan para peserta pawai takbir keliling oleh Bupati Rohul di depan Masjid Agung Pasir Pengaraian.

Dalam sambutannya Bupati Rohul, Achmad, mengatakan pawai keliling pada malam takbiran itu akan melewati rute sepanjang jalan lintas di Kota Pasir Pengaraian dan sekitarnya.

"Kita menghimbau kepada seluruh peserta pawai, baik yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua untuk berhati-hati dan serius mengumandangkan takbir, agar kegiatan yang dilakukan menjadi amal ibadah," katanya.

Pawai takbir keliling itu juga dimeriahkan oleh puluhan mobil hias yang dilengkapi berbagai bentuk kubah, lampu hias, bedug dan beberapa atribut Islam.

Namun akibat turun hujan secara mendadak, maka banyak peserta pawai takbir keliling yang menggunakan kendaraan roda dua hanya berteduh di teras ruko pinggiran jalan.

Salah seorang pengurus masjid Taqwa Faisal mengatakan, pada malam takbiran itu memang sebelumnya sudah terlihat mendung, namun tidak selalu turun hujan.

"Memang awalnya sudah agak mendung, tapi itu biasa, sebab malam-malam sebelumnya juga mendung tapi tidak hujan," tuturnya.

Menurut dia, hujan membuat pawai takbir keliling malam tersebut tidak bisa dilanjutkan sesuai rute yang ditentukan oleh panitia.

Setelah hujan reda sekitar pukul 00.15 wib, akhirnya peserta pawai langsung pulang ke rumah masing-masing, walaupun sebenarnya menurut aturan panitia harus kembali di bundaran kompleks perkantoran Pemda atau depan Masjid Agung Pasir Pengaraian.

"Udah malam kok pak, jadi kami pulang saja, paling panitianya juga sudah pulang," kata Faisal.