Beli S-400 buatan Rusia, AS keluarkan Turki dari program pesawat tempur F-35

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Beli S-400 buatan Rusia

Peluru kendali antiserangan udara 4-300 buatan Rusia (REUTERS)

Washington (ANTARA) - Amerika Serikat pada Rabu mengatakan pihaknya telah mengeluarkan Turki dari program pesawat tempur F-35, langkah yang telah lama menjadi ancaman dan diprediksikan setelah Ankara mulai menerima pengiriman sistem pertahanan misil Rusia pekan lalu.

Sistem pertahanan udara S-400 bagian pertama diterbangkan menuju pangkalan udara militer Murted di barat laut Ankara pada Jumat, menyegel kesekapatan Turki dengan Rusia, yang dicegah Washington selama berbulan-bulan.

Baca juga: Turki akan terapkan penuh sistem rudal S-400 buatan Rusia pada 2020

"AS dan mitra F-35 lainnya sepakat dalam keputusan ini untuk menangguhkan Turki dari program tersebut dan mulai memproses secara resmi keluarnya Turki dari program itu," kata Wakil Menteri Pertahanan Ellen Lord.

"Amerika Serikat akan menghabiskan antara 500 hingga 600 juta dolar AS untuk memindahkan rantai pasokan jet tempur akibat pemutusan Turki," kata dia.

Digunakan NATO dan sekutu AS lainnya, pesawat tempur F-35 merupakan pesawat tempur tercanggih di dunia. Washington khawatir bahwa pengerahan S-400 dengan F-35 akan memungkinkan Rusia mendapat terlalu banyak informasi dari dalam sistem siluman tersebut.

Baca juga: John Bolton: Uji coba rudal Korut melanggar resolusi PBB

Baca juga: Amerika Serikat minta Rusia musnahkan sistem rudal barunya


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar