Masyarakat Talang Mamak Minta Pemilihan Ulang Kades

id masyarakat talang, mamak minta, pemilihan ulang kades

Rakit Kulim, 9/11(ANTARA)- Masyarakat Talang Mamak yang menetap di Desa Talang Durian Cacar, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, meminta pemilihan ulang kepala desa (kades) karena adanya kecurangan selama pelaksanaannya.

Salah seorang tokoh masyarakat Talang Mamak, Gilong, kepada ANTARA di Rakit Kulim, Selasa, mengatakan pada pemilihan yang berlangsung pada 18 Oktober 2010 lalu terjadi kecurangan yakni banyaknya pemilih yang tidak terdaftar ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun mempunyai hak pilih dan ikut menyalurkan suaranya.

"Begitu juga banyak pemilih yang menggunakan hak pilihnya diwakili orang lain sedangkan orang yang tercantum dalam DPT tidak memilih. Bahkan, ada warga dari desa lain yang ikut meyalurkan hak suaranya," jelas dia.

Selain itu, ia menyayangkan banyaknya masyarakat Talang Durian Cacar yang tidak terdaftar ke dalam DPT. Oleh karena itu, pihaknya beserta tokoh masyarakat setempat meminta agar dilakukan pemilihan ulang. Pihaknya mensinyalir kecurangan tersebut dikoordinir oleh pihak panitia pemilihan.

"Kami sudah mengadukan permasalahan ini ke Camat Rakit Kulim dan kami meminta Pak Camat untuk segera melakukan pemilihan ulang. Namun hingga saat ini, belum ada respon baik dari pihak kecamatan maupun kabupaten. Padahal pengaduan kami itu secara resmi," katanya.

Pemilihan umum kepala desa tersebut diikuti oleh lima calon dengan jumlah warga yang memiliki hak pilih sesuai DPT sebanyak 1.202 orang. Pemilihan tersebut dimenangkan oleh Irianto, kepala desa sebelumnya.

"Kami tidak mempermasalahkan siapa yang menang, tetapi cara mencapai kemenangan yang tidak terhormat ini yang kami permasalahkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Kabupaten Indragiri Hulu, Hendri, mengatakan pihaknya belum mengetahui mengenai permasalahan tersebut. Namun pihaknya akan meminta pihak Kecamatan untuk menindaklanjuti persoalan tersebut.