Suku Talang Mamak sambut wisatawan dengan tarian khas

id Masyarakat sambut wisatawan dengan tarian khas,Talang mamak, suku talang mamak

Suku Talang Mamak sambut wisatawan dengan  tarian khas

Warga Suku Talang Mamak. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Masyarakat Suku Talang Mamak di Indragiri Hulu menyambut rombongan kunjungan wisata dengan ramah dan tari khas saat ada 50 orang yang datang ke Desa Bengayawan, Sabtu.

Kunjungan selain untuk temu ramah, dialog, ekspos seni budaya juga ajang jalin silaturahmi dengan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) Indragiri Hulu Jawalteryang mendampingi rombongan kunjungan wisata tersebut mengatakan, sejumlah anggota dan pengurus Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) baik dari Rengat, Pekanbaru dan Jakarta ingin meninjau dan melihat secara langsung prosesi seni budaya khas suku Talang Mamak.

"Sesuai program LDII, salah satunya berkunjung ke Desa Suku Talang," katanya.

Oleh karena itu, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi mengamanahkan, untuk mendampingi LDII. Untungnya, rombongan juga didampingi oleh Kapolsek Batang Gansal IPDA Ayu Nadya, Camat Batang Gansal Elinariyon, pegawai Dispora, Satpol PP serta Plt Kades Rantau Langsat.

"Sejumlah warga dan anak - anak Suku Talang Mamak gembira Dengan kedatangan rombongan," ujarnya.

Pada saat kunjungan, Camat Batang Gansal Elinariyon dalam kesempatan itu menyebutkan, banyak potensi wisata di Batang Gangsal bisa di ekspose dan dikunjungi.

Misalnya, seni budaya silat, tari tradisional, aliran arung jeram Sungai Gansal, dan beberapa titik lokasi yang menarik sepanjang aliran sungai menuju desa tersebut.

"Walaupun, sifat kunjungan mendadak, tentunya proses kunjungan wisata tetap berjalan lancar," ujarnya.

Yang menarik, selama dalam perjalanan, khususnya naik speed boad didampingi pengelola Bumdes Desa Rantau Langsat, rombongan disuguhi dengan pengenalan objek wisata dan seni budaya lokal tersebut.

Sehingga, kunjungan rombongan mendapatkan pengetahuan, wawasan terkait sejumlah seni budaya dan objek wisata menarik tersebut. Apalagi, dengan sambutan yang diberikan oleh masyarakat dengan penuh keramahtamahannya.

Begitupun, Kapolsek Batang Gangsal AIPDA Ayu Nadya menambahkan, karena kunjungan rombongan LDII dan rombongan menuju wilayah Batang Gangsal, maka perlu di dampingi.

"Kita berharap semua berjalan lancar, aman dan semakin dikenal luas sejumlah objek wisata sebagai aset daerah," pintanya.

Sebab, penting aset daerah diketahui secara luas agar ada peningkatan dan perhatian dalam promosi dan pengelolaan objek wisata yang ada secara optimal.

Kunjungan wisata berakhir sekira pukul 16.00 WIB, setelah ramah tamah sesama rombongan di taman wisata Sungai Sesirih.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021