Dinkes Inhil gelar kegiatan pelayanan kesehatan peringati HANI dan Milad ke-54 Inhil

id RSUD Tembilahan, HANI, milad ke-54 Inhil

Dinkes Inhil gelar kegiatan pelayanan kesehatan peringati HANI dan Milad ke-54 Inhil

penyuluhan dan pemeriksaan narkoba disalah satu Sekolah di Tembilahan. (Dok ANtara Riau/19).

Tembilahan (ANTARA) - Dalam rangka memeriahkan Milad Ke-54 Kabupaten Indragiri Hilir dan Hari Anti Narkoba Internasional atau HANI tahun 2019 yang jatuh bertepatan pada 26 Juni mendatang, Dinas Kesehatan Inhil menggelar penyuluhan dan pemeriksaan narkoba bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat.

Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Zainal Arifin melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Inhil, Subiwo Radiyantodi Tembilahan, Jumat, menyebutkan selain penyuluhan dan pemeriksaan narkoba, pihaknya juga sedang melaksanakan beberapa kegiatan pelayanan kesehatan lainnya seperti Inspeksi Vagina dengan Asam (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis), sunat massal bagi anak kurang mampu serta pemeriksaan kesehatan bagi peserta (Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

“Beberapa kegiatan pelayanan kesehatan dalam rangka Milad Inhil dan HANI tahun 2019 ada yang sedang berlangsung dan ada yang baru akan dilaksanakan sebagaimana jadwal yang sudah ditetapkan,” kata Subiwo Radiyanto.

Subiwo menuturkan, beberapa kegiatan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dalam rangka Milad Inhil dan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional ini belum seluruhnya terlaksana, salah satunya pelayanan cek kesehatanseperti Kolesterol, gula darah dan kesehatan lainnya bagi ASN yang baru akan dimulai pada 26 Juni mendatang.

“Yang baru akan dilaksanakan itu adalah kegiatan cek kesehatan untuk mengetahui penyakit tidak menularbagi ASN yang akan dilaksanakan pada 26 Juni di Gedung Engku Kelana dengan target 500 orang,” terangnya.

Subiwo berharap sederet rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan ini dapat memberikan manfaat positif bagi segenap masyarakat Inhil.

Dia juga mendoakan agar Kabupaten berjuluk ‘Negeri Seribu Jembatan’ ini dapat lebih sukses di segala bidang. "Selamat dan Sukses. Semoga Inhil menjadi Kabupaten yang semakin Maju, Bermarwah dan Bermartabat,"ucapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan RSUD Puri Husada Tembilahan dan berbagai pihak, seperti Polres Inhil, Kejaksaan, LSM GRANAT (Gerakan Anti Narkoba), Sekolah, Puskesmas dan pihak lain yang terkait.