Masyarakat Inhil antusias ikuti operasi bibir sumbing gratis yang digelar RSUD PH Inhil

id operasi bibir sumbing, RSUD Pur Husada Tembilahan, dr Saut Pakpahan

Masyarakat Inhil antusias ikuti operasi bibir sumbing gratis yang digelar RSUD PH Inhil

dr Saut Pakpahan. (Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir antusias mengikuti operasi bibir sumbing dan celah pada langit-langit yang digelar Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Sabtu.

setelah dibuka pada Kamis (23/6) lalu, puluhan masyarakat terus berdatangan untuk mendapatkan operasi bibir sumbing yang digelar secara gratis Dalam rangka Milad Inhil ke-57 sempena Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022.

"Sudah terdaftar 22 orang peserta operasi bibir sumbing, namun setelah dilakukan pemeriksaan hanya 18 pasien yang bisa dioperasi," ucap Direktur RSUD PH Tembilahan dr Saud Pakpahan di Tembilahan.

Dia mengatakan, RSUD tidak membatasi kuota bagi pasien yang ingin mendapatkan layanan operasi bibir sumbing secara gratis.

"Kita membuka seluas-luasnya dan tidak ada batasan bagi masyarakat yang ingin mendaftar," ujarnya.

Namun kata dia, pasien yang telah mendaftar akan mendapatkan sejumlah pemeriksaan terlebih dahulu seperti riwayat kesehatan, identitas diri serta kesiapan pasien.

Setelah melewati sejumlah pemeriksaan serta lengkap dokumen barulah dilakukan tindakan operasi hingga kembali ke ruang rawat untuk dilakukan terapi sesuai prosedur.

dr Saut menyebutkan, kegiatan bakti sosial bibir sumbing kembali dilakukan pada tahun 2022 setelah sempat vakum dua tahun terakhir akibat terkendala Pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama sejumlah pihak. Ia berharap kegiatan operasi bibir sumbing dapat terus berlanjut tidak hanya tiap tahun, melainkan saat pasien membutuhkan.

"Semoga kegiatan ini kedepannya bisa terus berjalan, tidak setiap tahun tapi saat ada pasien," tuturnya.

Terakhir, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Inhil yang ingin mendapatkan layanan operasi bibir sumbing atau celah pada langit-langit agar bisa segera mendaftarkan diri secara online.