Kampung Narkoba di Dumai percaya diri ikut Lomba KB Nasional

id kelurahan dumai,kampung narkoba dumai,bkkbn dumai,berita riau terbaru,berita riau antara

Kampung Narkoba di Dumai percaya diri ikut Lomba KB Nasional

BKKBN (Antaranews/bkkbn.go.id)

Dumai (ANTARA) - Kelurahan Laksmana atau dikenal 'Kampung Narkoba' berhasil disulap jadi kelurahan yang mewakili Kota Dumai dalam penilaian Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2019.

Kampung Narkoba di Kecamatan DumaiKota ini secara bertahap terus dibenahi oleh pemerintah daerah dan instansi hukum terkait untuk menghapus citra buruk melekat selama ini melalui berbagai program Kampung Wisata Pesisir dam Kampung KB. Sebelum nya, pernah juara tingkat kota dan akan bersaing dengan 5 kelurahan dan desa terpilih lain di Indonesia.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai Yusrizal mengatakan, Kelurahan Laksamana akan bersaing dengan Jlagran Pringgokusuman Gedongtengen Yogyakarta atau selama ini dikenal sebagai "Kampung Preman".

Selain itu, kabupaten kota masuk nominasi lomba KB Kesehatan Tahun 2019 ini ialah Medan, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pemalang.

"Tim penilai nasional akan verifikasi guna memastikan profil dan laporan kelurahan masuk nominasi, dan Kelurahan Laksamana ikut lomba ini karena sudah melalui penilaian dan lomba berjenjang," kata Yusrizal pada pers, Kamis.

Disebutkan, perlombaan ini untuk motivasi mencapai program kependudukan pemerintah, dan keberhasilan program KB Kesehatan berkat dukungan seluruh lintas sektor terkait, di antaranya, PKK, kelompok swadaya masyarakat, unsur kesehatan dan lain nya.

Terpilih nya Kelurahan Laksamana karena ada empat indikator, yaitu program budaya hidup bersih sehat, pos pelayanan terpadu, lingkungan bersih sehat dan keluarga berencana.

Ketua Tim Penilai Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN Wahidin menyebut, penilaian ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pembangunan berwawasan kependudukan serta meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan kampung KB.

BKKBN juga mensosialisasikan tiga program utama, yaitu tidak menikah di usia dini, menikah bagi wanita idealnya usia 21 tahun dan 25 tahun untuk pria serta tidak melakukan seks pranikah dan katakan tidak pada narkoba.

"Penilaian dilakukan secara fair dan jelas, dan setiap daerah punya kelebihan masing masing," kata Wahidin

Sementara Wali Kota Dumai Zulkifli As menjelaskan, Kelurahan Laksamana dicanangkan menjadi kampung KB sejak Agustus 2017 dan berhasil juara tingkat kota dan Provinsi Riau.

Pembentukan Kampung KB ini tidak saja fokus pada pelayanan keluarga berencana, namun juga keterlibatan masyarakat melalui kader militan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

"Selangkah lagi kelurahan ini bisa meraih prestasi membanggakan, dan saya berharap doa dan dukungan semua pihak, serta kedepan sinergi ini bisa terus ditingkatkan," harap wali kota.

Baca juga: Gunung Sari, desa terbaik di Riau bertransformasi jadi desa mandiri berprestasi

Baca juga: Riau akan mutasi tugas 182 penyuluh KB ke pelosok Kampar