Buka puasa bersama sambil membedah foto bareng PFI Pekanbaru

id PFI Pekanbaru,ramadhan 2019,berita riau antara,berita riau terbaru,pewarta foto indonesia

Buka puasa bersama sambil membedah foto bareng PFI Pekanbaru

Suasana buka bersama PFI Pekanbaru, di Kota Pekanbaru, Jumat (24/5/2019). (Antaranews/HO - PFI Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menggelar buka bersama dan bedan foto essai pada Jumat (24/5) di sebuah kafe di Pekanbaru ini berlangsung penuh keakraban.

Kehadiran sejumlah istri dan anak-anak anggota PFI Pekanbaru menambah suasana bukber semakin hangat. "Semoga kebersamaan keluarga besar PFI Pekanbaru ini terus terjaga," ujar Ketua PFI Pekanbaru, Febrianto Budi (Rian) Anggoro.

Selain anggota, bukber juga dihadiri sejumlah mitra kerja PFI Pekanbaru, antara lain dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Telkomsel. Hadir pula sejumlah mahasiswa dari Universitas Islam Riau (UIR).

Bukber semakin lengkap dengan adanya acara bedah foto. Seorang anggota PFI Pekanbaru, Hadly Vavaldi mengupas foto essai karyanya bertajuk 'Pencari Harta Karun Kerajaan Melayu'.

Pria yang akrab dipanggil Eval itu menampilkan 10 foto aktivitas sekelompok masyarakat Kecamatan Rumbai Pesisir, yang tengah mencari sisa-sisa peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura, di Sungai Siak, Pekanbaru. Kesultanan Siak Sri Indrapura adalah sebuah Kerajaan Melayu Islam yang pernah berdiri di Kabupaten Siak, Riau.

Eval mengabadikan serangkaian momen kelompok masyarakat menggunakan kapal kayu tersebut menyusuri dan menyelami perairan sungai yang membelah Kota Pekanbaru itu. Para pencari harta karun itu menggunakan peralatan seadanya untuk menyelam dan mengangkat hasil buruannya.

Eval mengisahkan, para pencari harta karun itu bekerja sangat keras, apalagi Sungai Siak juga merupakan jalur pelayaran. "Kalau ada kapal cepat lewat, kapal mereka itu bisa oleng dihantam ombak," tuturnya.

Dalam aktivitasnya, sekelompok masyarakat itu mendapatkan beragam benda, seperti besi tua dan nikel sisa-sisa pemancing di Sungai Siak. "Tapi dulu mereka juga pernah dapat rudal," ungkap Eval.

Ketua PFI Pekanbaru, Rian Anggoro, menambahkan diskusi fotografi maupun film melibatkan anggota dan komunitas lain menjadi agenda rutin yang diharapkan bisa berlangsung tiap bulan. Selain manfaatnya bisa menambah ilmu, kegiatan itu bisa menjalin kekompakan.

"Secara individu dan antarmedia kita memang sering bersaing untuk dapatkan foto terbaik dan kalau bisa eksklusif. Tapi secara personal dan organisasi kita harus tetap kompak seperti keluarga besar," ujar Rian Anggoro.

Tidak lupa PFI Pekanbaru mengucapkan apresiasi kepada mitra perusahaan di antara seperti APP Sinar Mas , Telkomsel dan PLN yang memberikan support untuk acara bukber tersebut.

Baca juga: PFI Pekanbaru Gelar Pameran "Manis Getir Riau"

Baca juga: PFI Akan Gelar Pameran Foto Kabut Asap


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar