KPU ganti logistik Pemilu di Inhil yang jatuh ke sungai

id Kpu,pemilu 2019,logistik pemilu rusak,berita riau terbaru,berita riau antara,berita riau terkini

KPU ganti logistik Pemilu di Inhil yang jatuh ke sungai

Mural karya seniman bertema ajakan memilih di Pemilu serentak 2019, di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (16/4/2019). Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menyatakan ada perubahan dalam Daftar Pemilih Tetap berupa pengurangan jumlah pemilih untuk Pemilu 2019 di Riau berkurang sebanyak 27.260 jiwa, sehingga di DPT total ada 3.863.305 pemilih. Perubahan orang karena sejumlah sebab, di antaranya karena ada pemilih yang tidak memenuhi syarat dan ada yang pindah tempat tinggal. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan, penggantian logistik rusak untuk keperluan Pemilihan umum di Indragiri Hilir (Inhil), akibat kecelakaan, kini sudah dalam proses pengiriman dari Pekanbaru lewat darat menuju setempat.

" Ya, tadi malam sudah tiba logistik pukul 22.30 WIB di bandara Sultan Syarif Kasim," Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto, kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Nugroho, malam tadi langsung dilakukan pengiriman lewat darat dari Pekanbaru menuju Inhi.

"Subuh tadi sudah diterima sekretariat KPU Inhil. Logistik dibawa oleh anggota KPU Inhil Samsul dengan pengawalan kepolisian," ujar Nugroho.

"Distribusi logistik tersebut hanya untuk Tembilahan saja, karena kekurangan susu di ibukota, yang pulau-pulau sudah aman," imbuhnya.

Baca juga: 17 pasien di RSJ Tampan Pekanbaru batal ikut Pemilu 2019. Begini sebabnya

Perlu diketahui, sebelumnya telah terjadi kecelakaan, logistik Pemilu 2019 yang didistribusikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gaung Anak Serka (GAS) menuju, 9 Desa yang mengunakan Kapal Motor (KM) GT 5, saat bersandar sekitar pukul 09.00 WIB di Dermaga Dinas Perhubungan Teluk Pinang, Senin.

Ketua PPK Gaung Anak Serka, Raja Jasman menjelaskan, Delapan dari 190 kotak suara yang dibawa oleh kapal motor dengan kapasitas muatan 6 ton tersebut, jatuh ke Sungai Anak Serka hingga mengalami kerusakan.

"Meski sempat diselamatkan oleh warga setempat, namun Delapan kotak suara yang dibawa rusak, dua berkas C1 plano TPS 02 DPRD Kabupaten dan Kota Teluk Pantaian dan C1 Plano TPS 01 DPRD Provinsi Sungai Empat tidak bisa digunakan lagi," tuturnya.

Raja Jasman menjelaskan kerusakan logistik, yang tadinya akan digunakan untuk 38 Tempat Penunggutan Suara (TPS) akan diganti dengan yang baru, dan kembali didistribusikan ke masing-masing TPS.

Ketua Panwaslu Kecamatan GAS, Abdul Salam menjelaskan, delapan kotak berisiakan surat suara, formulir dan alat kelengkapan TPS masih tersegel rapi (tidak rusak) hanya C1 Pleno milik DPRD Kabupaten dan Kota TPS 02 Teluk Pantaian dan C1 Plano TPS 01 DPRD Provinsi Sungai Empat dinyatakan rusak.

Baca juga: Kecelakaan terjadi saat pendisitribusian logistik Pemilu 2019 di Inhil

Baca juga: 39 posko siaga PLN Pekanbaru jamin suplai listrik Pemilu