291 mahasiswa PCR uji sertifikasi komptensi tenaga kerja kontruksi

id Pcr,universitas di riau,tenaga kerja riau 2019,berita riau terbaru,berita riau antara,berita riau terkini

Sejumlah masiswa PCR tingkat akhir, ikuti fasilitasi pembekalan dan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 291 mahasiswa tingkat akhir, Jurusan Teknologi Industri Politenik Caltex Riau mengikuti kegiatan, pembekalan dan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Balai Jasa Kontruksi Wilayah I dengan Politeknik Caltex Riau.

Kegiatan fasilitasi pembekalan dan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi ini, dibuka langsung oleh Direktur PCR Dr. Dadang Syarif.

Baca juga: 91 pelajar di Riau ikuti seleksi beasiswa prestasi Yayasan PCR

Dalam sambutannya Dadang mengatakan, ucapan rasa syukur dan terimakasih atas kerjasama antara Balai Jasa Kontruksi Wilayah I dan PCR pada kegiatan ini.

"Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, diharapkan fokus dan serius dalam menghadapinya," kata Dadang.

Selain itu, ia juga menambahkan, bahwa kegiatan ini momentum bagi calon wisudawan, untuk memperoleh sertifikat yang bisa membantunya ketika lulus dan mencari pekerjaan

"Trend kedepan, Ijazah saja tidak cukup untuk melamar pekerjaan. Kalau dulu barang saja harus memiliki standar, saat ini pekerja harus memiliki standar, yang memenuhi untuk melakukan sebuah pekerjaan yang ditandai dengan sertifikat," imbuhnya.

Baca juga: 250 guru BK Riau mendapat pencerahan dari Bunda Romi

Sementara itu, Kepala Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Yusuf Rachman mengatakan, di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sertifikasi sangat penting bagi para pekerja.

"Generasi muda harus mulai mempersiapkan diri, dimana saat ini kita sedang membangun infrastruktur yang besar, hal ini dikarenakan Indonesia menjadi pusat atau pasar kontruksi. Kegiatan sertifikasi ini bukan karena kebutuhan, namun sudah diatur undang-undang jasa kontruksi nomor 2 tahun 2017 pasal 70," tutur Yusuf Rachman.

Bersamaan dengan kegiatan ini, Politeknik Caltex Riau dan Balai Jasa Kontruksi Wilayah I, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), terkait dengan penyelenggaraan fasilitasi uji sertifikasi komptensi mahasiswa.

Kegiatan Fasilitasi Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 8 – 10 April 2019 di Kampus Politeknik Caltex Riau. Adapun bidang yang diuji antara lain yakni Tukang Las Kontruksi Plat dan Pipa serta Teknisi Instalasi Penerangan dan Daya Fasa Satu.

Baca juga: PCR kirim dua tim robot ikut kontes KRI regional satu Sumatera

Baca juga: Ada 20 stand robot dan elektronik di PCR Edu Expo 2019
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar