250 guru BK Riau mendapat pencerahan dari Bunda Romi

id Guru BK,PCR,politeknik caltex riau

250 guru BK Riau mendapat pencerahan dari Bunda Romi

(Vera Lusiana)

Psikolog Bunda Romi saat pemaparan dihadapan guru BK Riau
Pekanbaru (Antaranews Riau) - Sebanyak 250 guru Bimbingan Konseling (BK) mendapat pencerahan dari psikolog Dr. Rose Mini, A.P., M.Psi atau lebih dikenal dengan sebutan Bunda Romi yang di taja Politeknik Caltex Riau Rabu di Kota Pekanbaru.

Kegiatan Seminar Guru Bimbingan Konseling (BK) 2019 ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru yang mengambil tema "masa depan remaja untuk generasi pasti".

"Terimakasih untuk semua Guru BK yang sudah hadir pada kegiatan seminar ini. Seminar BK tahun ini kita mengambil tema masa depan remaja untuk Generasi P.A.S.T.I. Kita mengambil tema tersebut dengan harapan untuk para guru bisa menyiapkan lulusan SMA, SMK, maupun MA menjadi generasi P.A.S.T.I (professional, aplikatif, siap kerja, tepat waktu dan inovatif)," ujar Dr. Dadang Syarif.

Baca juga: Mahasiswa Politeknik Caltex Riau ini Ciptakan Alat Pengupas Nanas Otomatis

Ia menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dari Politeknik Caltex Riau kepada para guru-guru SMA/SMK sederajat khususnya Guru Bimbingan Konseling yang ada di Provinsi Riau dan sekitarnya.

Menurut Dadang hingga saat ini masih minim pengembangan kompetensi bagi guru-guru BK yang ada di Provinsi Riau.

"Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para Guru BK. Setelah melakukan asesmen selama (5) lima tahun ini, kita selalu konsisten memfasilitasi seminar-seminar terkait peningkatan kapasitas Guru BK yang ada di Provinsi Riau dengan medatangkan narasumber-narasumber yang kompteten pada bidang tersebut", katanya.

Ia juga menambahkan, Guru BK memiliki peranan penting dalam pembinaan dan bimbingan karir bagi para siswa nya di sekolah.

Baca juga: Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia kunjungi Politeknik Caltex Riau

"Saya melihat Guru BK memiliki peran yang penting bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat. Kita berharap para perguruan tinggi dapat menerima siswa-siswi sesuai dengan bakat dan minat nya ketika memilih program studi pada waktu mendaftar. Sehingga mereka tidak salah jurusan atau tidak sesuai dengan yang mereka idamkan", tambahnya.

Sementara itu psikolog ternama Dr. Rose Mini, A.P., M.Psi atau lebih dikenal dengan sebutan Bunda Romi menyatakan guru BK jaman now harus mampu mengikuti jaman, tidak terpaku dan terbawa-bawa gaya lama saat mereka muda. Agar bisa diterima ditengah generasi milenial.

"Guru BK harus tau dan mampu melihat minat anak. Buat pendekatan jaman anak-anak sekarang jangan tonggak jaman dulu, sehingga tidak sambung," ujar Bunda Romi.

Wanita yang belakangan sudah nyaman dengan hijabnya ini juga menyarankan guru BK punya pendekatan lewat hati kepada anak-anak didik tidak emosional.

"Untuk itu Ada empat hal yang harus dimiliki oleh guru BK, diantaranya hati, harus punya kemampuan nalar yang panjang dan juah. Guru BK harus punya empati, ini penting karena mampu memahami dengan fikiran jernih dan mencarikan solusi, selain itu harus punya informasi yang selalu berkembang," pungkasnya.

Perlu diketahui seminar Guru BK dihadiri sebanyak 250 orang yang terdiri dari beberapa perwakilan staff pengajar dan Guru BK. Para Guru BK tidak hanya berasal dari sekolah di kota Pekanbaru, namun beberapa Guru BK di sekolah yang berada di Provinsi Riau dan Sumatera Barat. Seminar ini juga merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan Politeknik Caltex Riau.

Baca juga: 13 Mahasiswa Malaysia Belajar di Politeknik Caltex Riau

Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar