KPU Rohil optimistis tingkat partisipasi masyarakat meningkat di Pemilu 2019

id Pemilu 2019,kpu rohil,kpu update,berita riau terbaru,berita riau terkini,berita riau antara

KPU Rohil optimistis tingkat partisipasi masyarakat meningkat di Pemilu 2019

Bupati Rohil, Suyatno saat menghadiri acara gerakan sadar Pemilu melalui pentas seni yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Rohil di Bagansiapiapi pada Minggu (7/4/2019) malam. (Antaranews/ Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau optimistis tingkat partisipasi masyarakat di daerah itu pada Pemilihan umum atau Pemilu serentak 17 April 2019 meningkat.

"Saya tetap optimistis bahwa partisipasi kita itu meningkat," ujar Ketua KPU Kabupaten Rohil, Supriyanto.

Ia mengemukakan hal itu usai acara gerakan sadar Pemilu melalui pentas seni yang dilaksanakan oleh KPU setempat di Bagansiapiapi Kabupaten Rohil, Minggu (7/4) malam.

"Kalau kemarin pada pemilihan Gubernur Riau itu kita sekitar 59 persen. Saya yakin kecenderungan partisipasi meningkat itu di Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, itu pengalaman di 2014. Karena 2014 tingkat partisipasi kita mencapai 75 persen. Kalau target kita sama seperti KPU RI yakni 77,5 persen," kata Supriyanto.

Baca juga: KPU Rohil gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara

Pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi secara terus menerus, mulai dari sosialisasi pada pemilih pemula, kaum-kaum marjinal, pemilih disabilitas hingga gerakan sadar Pemilu melalui pentas seni.

Supriyanto kembali mengajak masyarakat agar berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari H Pemilu.

Selain datang ke TPS pihaknya berharap kepada masyarakat Rohil juga berpartisipasi dalam rangka membantu KPU untuk menyukseskan perhelatan Pemilu serentak 2019. Karena sebenarnya Pemilu ini adalah pesta rakyat.

"Jadi bukan KPU, KPU hanya menyajikan hidangan, rakyatlah yang menyantap hidangan itu pada hari H nanti," tuturnya.

Baca juga: Ketua KPU Arief Budiman pesan untuk perempuan: Jangan pilih karena uang

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang telah memberikan dukungan terhadap suksesnya Pemilu, dengan menggelar kegiatan sosialisasi kepada pemilih pemula beberapa waktu lalu.

Sementara Bupati Rohil, Suyatno berpesan kepada seluruh masyarakat agar datang ke TPS yang telah ditentukan, untuk menggunakan hak pilihnya.

"Jangan sempat di Rohil ini tingkat partisipasi masyarakat untuk Pemilu ini menurun. Kita do'akan Rohil dalam pelaksanaan Pemilu aman, damai dan tingkat partisipasi masyarakat itu tinggi, itu yang paling penting," kata Suyatno.

Baca juga: KPU Riau isi kekosongan jabatan komisioner di Kabupaten Kepulauan Meranti

Baca juga: Empat kategori khusus ini diizinkan KPU Bengkalis pindah memilih pada Pemilu 2019