KPU Riau isi kekosongan jabatan komisioner di Kabupaten Kepulauan Meranti

id KPU Riau,kpu update,pemilu 2019,berita riau terbaru,berita riau terkini,berita riau antara

KPU Riau isi kekosongan jabatan komisioner di Kabupaten Kepulauan Meranti

Komisioner KPU Riau Devisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemiliham Umum (KPU) Provinsi Riau untuk sementara mengambil alih tugas dan kewenangan komisioner di Kabupaten KepulauanMeranti, untuk mengisi kekosongan jabatan terutama untuk persiapan Pemilu serentak 2019.

Pengalihan tugas itu dimulai tanggal 1 April, sesuai surat perintah dari KPU RI bernomor 578/PP.66-SD/05/KPU/III/2019 tanggal 29 Maret 2019.

"KPU RI memerintahkan kepada KPU Riau agar mengambil alih seluruh tugas, wewenang, dan kewajiban komisioner Kabupaten Kepulauan Meranti, sampai dengan terbentuknya anggota periode 2019-2024," kata Komisioner KPU Riau Devisi Sosialisasi Nugroho Noto Susanto kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Nugroho, pengambilan alih KPU Meranti karena akhir masa jabatan komisioner tersebut terhitung 1 April 2019.

"Dasar hukumnya juga tertera dalam UU pemilu no 7 tahun 2017 pasal 555 ayat (3), yang menyatakan bahwa apabila terjadi hal yang mengakibatkan KPU provinsi atau kabupaten/kota tidak dapat melaksanakan tugasnya, KPU setingkat di atasnya, melaksanakan tahapan penyelenggaraan pemilu untuk sementara waktu, sampai dengan KPU Provinsi atau KPU kabupaten/kota dapat menjalankan tugasnya kembali," tuturnya.

Sementara itu terkait seleksi calon anggota KPU Kepulauan Meranti yang sudah dilakukan, Nugroho mengatakan bahwa seleksi tetap berjalan.

Saat ini sedang di tahapan tes kesehatan. Dan soal kapan waktu seleksi anggota komisoner Meranti selesai belum ada.

"Yang jelas tanggal 7 April Timsel menyerahkan 10 nama calon KPU Meranti. Setelah itu, KPU RI akan melakukan uji kelayakan (fit dan proper test) yang didelegasikan ke KPU Riau," imbuhnya.

Setelah itu, KPU Riau akan menyerahkan hasil uji kelayakan ke KPU RI. Kemudian, akan melakukan pleno penetapan 5 anggota KPU Meranti.

"Output pleno adalah Surat Keputusan kemudian agenda pelantikan, " terangnya.

Dan saat ini tambah Dia, tiga komisioner KPU Riau, Joni Suhaidi, Abdurahman, dan Firdaus telah di Meranti untuk melakukan koordinasi dengan sekretariat KPU kabupaten kepulauan Meranti terkait pengambilan alih sementara KPU Kepulauan Meranti.