Mahasiswa UR akan tanam 1.000 Mangrove di Sungai Rawa Siak

id pohon mangrove,berita riau terkini,berita riau terbaru,berita hari ini,berita riau antara,berita riau siak,universitas riau

Mahasiswa UR akan tanam 1.000 Mangrove di Sungai Rawa Siak

Kegiatan Pekan Penghijauan Mahasiswa Himaprobio UR sebelumnya (istimewa)

Siak, Riau (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Riau akan menanam 1.000 bibitmangrove di lokasi Ekowisata Desa Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak pada April mendatang.

"Ini dalam rangka Pekan Penghijauan XXXI dari Universitas Riau, acara yang merupakan wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan," kata Panitia, Rehan Fadhillah dalam pesan elektroniknya diterima di Siak, Senin.

Pekan Penghijauan ini akan dilaksanakan pada 26-28 April 2019 mendatang dan panitia sejakFebruari lalu, telah melakukan survei ke lokasi-lokasi yang cocok untuk penanaman. Penentuan lokasi ini katanya mempertimbangan berbagai hal sesuai tema "Tingkatkan Rasa Kepedulian Untuk Mewujudkan Kelestarian Kawasan Pesisir Melalui Gerakan Penghijauan".

Baca juga: Usai Jambore Nasional Generasi Hijau, Yayasan Belantara Bagikan 126.000 Bibit Mangrove

Kawasan Ekowisata Mangrove Sungai Rawa adalah lokasi wisata yang dibuat oleh warga sekitar. Saat ini kawasan tersebut telah mengalami penggundulan sehingga cocok untuk dilakukan penanaman kembali.

Selain menanam Manggrove, panitia juga akan memberikan bibit-bibit buah kepada warga yang tinggal di Desa Sungai Rawa tersebut. Nantinya bibit buah tersebut akan ditanam sendiri oleh warga di pekarangan rumah mereka.

Riska selaku koordinator acara menambahkan bahwa pekan penghijauan ini tidak hanya melakukan penanaman dan pembagian bibit saja. Tapi juga melakukan interaksi kepada warga sekitar dengan acara-acara yang lain. Beberapa rangkaian acara seperti seminar, PP Goes to School, Penyuluhan PKK, dan pertandingan persahabatan.

Baca juga: Siak rancang event wisata "Thriathlon Sunnah" gabungkan 3 olahraga

Ketua Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi, Ibu Dr. Evi Suryawati M. Pd, menyampaikan pihaknya memberikan kebebasan kepada panitia untuk berkonsultasi dengan dosen-dosen.Menurutnya semua yang dilakukan mahasiswa adalah tanggung jawab bersama.

"Semua acara dari mahasiswa kami beri dukungan, dan bantuan. Meski ini merupakan Program Kerja dari Divisi Lingkungan Hidup Himaprobio, para dosen juga turut membantu dalam memberi saran dan kritik demi suksesnya acara," tambahnya.

Baca juga: Ada wisata gerhana matahari cincin di Siak

Baca juga: Kenduri Apam didorong masuk Kalender Wisata Halal Siak