Bupati bersama Kemendag RI bahas investasi dan ekkspor kelapa

id Bupati Inhil, HM Wardan

Bupati Inhil, muhammad Wardan didampingi Sekda Said Syarifuddin usai melakukan audiensi bersama Dirjen Kemendagri

Tembilahan (ANTARA) - Bupati Indragiri Hilir Muhamamd Wardan melakukan audiensi bersama Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan pokok bahasan peluang pengembangan investasi dan ekspor kelapa serta solusi untuk perbaikan harga kelapa, Jum'at (8/3) di Jakarta.

Dalam diskusi ringan saat audensi, Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah Inhil, Said Syarifuddin menyampaikan harapan besar masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai petani kelapa tentang adanya perbaikan stabilitas harga jual kelapa.

Disamping itu pula, Bupati mengutarakan tentang pentingnya rekonstruksi sistem tata niaga kelapa serta perluasan akses perdagangan kelapa serta sederet produk turunannya.

"Penetrasi pasar untuk kelapa kita idealnya itu luar negeri. Untuk itu dibutuhkan dukungan konkrit dari Pemerintah Pusat melalui sebuah program kerja yang disinergikan dengan program Pemerintah Kabupaten Inhil," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengundang pihak Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk hadir sebagai pembicara dalam Seminar Nasional yang diagendakan Pemerintah Kabupaten Inhil pada 25 Maret 2019 mendatang.

Secara umum, pihak Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, Oke Nurwan menyambut baik rencana dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil.

Pihak Kementerian Pedagangan RI berkomitmen untuk melakukan diskusi lanjutan dengan pokok bahasan yang sama dengan melibatkan tim yang terdiri dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau LPEI, Bappebti dan industri kelapa pada saat menghadiri acara Seminar Nasional yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Inhil.

"Dalam seminar Nasional itu nantinya juga akan dibahas mengenai sinergitas program kerja Kementerian Perdagangan dengan Pemerintah Kabupaten Inhil," ujar Oke Nurwan. (ADV/Diskominfops Inhil)
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar