Menpan RB saksikan BPJS TK beri penghargaan ke Walikota Pekanbaru

id bpjs, walikota, tenaga kerja

Penyerahan penghargaan BPJS TK kepada Walikota Pekanbaru (dok Antarariau/19)

Pekanbaru (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan memberikan penghargaan Walikota Pekanbaru Firdaus atas peran aktif dan kepedulian pemerintah setempat terhadap pegawai pemerintah bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penyerahan penghargaan yang disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dan Dirut PT Taspen Iqbal Latanro ini dilaksanakan saat launching Mal Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru, Rabu (6/3).

Penghargaan itu diserahkan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbarriau Budiono kepada Walikota Pekanbaru.

Budiono mengatakan BPJS Ketenagakerjaan diberikan mandat oleh UU untuk menyelenggarakan empat program jaminan sosial kepada pekerja yaitu JKK, JKM, JHT dan JP.

‘"Sesuai dengan Perpres 109 Tahun 2013, Pegawai Pemerintah Non ASN atau honorer/tenaga kontrak harus diakui sebagai pekerja yang telah mendedikasikan diri untuk kemajuan daerah, sehingga wajib mendapatkan perlindungan jaminan sosial,’" ujar Budiono.

Ia menambahkan saat ini lebih dari 50 persen pekerja di Pemko Pekanbaru dengan status honorer atau penyebutan lain sebanyak 6.000-an orang telah didaftarkan dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketengakerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian".

"Saya mewakili direksi menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Pekanbaru atas niat baik dan kepedulian Pemko Pekanbaru yang telah peduli dan bertanggungjawab terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan pegawai non ASN,’’ katanya.

Ia juga menyatakan BPJS Ketenagakerjaan melalui Kantor Cabang Pekanbaru Kota selalu siap bersinergi bersama pemko untuk mewujudkan seluruh pekerja di daerah ini mendapatkan hak perlindungan sebagaimana yang telah dijamin dalam konstitusi.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan penghargaan ini tidak lantas dimaknai sebagai apresiasi BPJS Ketenagakerjaan semata. Namun, lebih tepat ditujukan untuk lebih mendorong semua pemberi kerja di Pekanbaru untuk senantiasa memberikan hak yang selayaknya bagi pegawai honerer maupun kontrak.

"Apresiasi saya sampaikan bagi semua pihak yang telah bersungguh-sungguh sekuat tenaga dan pikiran, bekerja dengan ikhlas tanpa pamrih, sehingga Pemko Pekanbaru menerima penghargaan ini," kata Firdaus.

Sehari sebelumnya Walikota Pekanbaru didemo ratusan guru yang meminta hak-hak mereka dikembalikan, antara lain tunjangan sertifikasi yang dipangkas melalui Peraturan Walikota.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar