Masjid Agung Rohul Jadi Pusat Kegiatan Islam

id masjid agung, rohul jadi, pusat kegiatan islam

Rohul, Riau 29/8 (ANTARA) - Pembangunan Masjid Agung Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau terus dilakukan dan nantinya akan menjadi pusat kegiatan dan syiar Islam di Provinsi Riau, kata pejabat setempat.

Bupati Rohul, Achmad, Minggu, mengatakan, untuk mewujudkan Masjid Agung itu jadi pusat kegiatan dan syiar Islam dibutuhkan keikhlasan dan pengorbanan dari seluruh panitia pengembang serta masyarakat setempat.

"Kita harapkan, masjid Agung itu nantinya menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat serta kita jadikan sebagai pusat Islam baik di Rohul maupun se-Provinsi Riau", ujarnya.

Ia juga mengharapakan agar masjid Agung itu dapat dijadikan contoh bagi kabupaten dan kota di Riau, sebab Rohul merupakan Negeri seribu Suluk, dimana negeri yang terdapat ribuan tempat berzikir seperti mushalla dan masjid.

Untuk mencapai tujuan itu, katanya apapun yang berkaitan dengan pengelolaan masjid Agung, hendaknya dapat diatasi dan ditangani secara profesional sehingga tidak menimbulkan kekesalan dan ketidaknyamanan jamaah.

"Jadi peran pengurus Masjid cukup penting, agar keberadaan masjid Agung bukan hanya dikagumi untuk dipandang, namun bagaimana umat muslim mau beribadah dan nantinya bisa menjadi pusat kegiatan dan syiar Islam di Riau", katanya.

Sementara pengurus pengembangan masjid Agung, Zulkifli Syarif, mengatakan segera melaksanakan Kajian hadis, tafsir, kajian fiqih serta tasauf, sehingga diharapkan setiap sepekan ada satu kajian khusus yang mendalam.

Katanya lagi, di Masjid Agung juga akan dilaksanakan pula pengajian khusu wanita yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan, serta akan digelar pembinaan kepada remaja serta pelajar sekali dalam satu bulan, termasuk pelaksnaan membaca Al Quran dan tajwid termasuk seni baca Al Quran.

"Kita segera lakukan pembinaan-pembinaan dan pengajian khusus kepada jama'ah, agar masjid ini tidak hanya besar bangunannya tetapi juga banyak jama'ahnya", ujarnya.