Pemprov Riau-Kanwil Kemenag perkuat sinergitas pelaksanaan tugas

id kemenag

Pemprov Riau-Kanwil Kemenag perkuat sinergitas pelaksanaan tugas

kemenag (ilustrasi)

Pemerintah Provinsi Riau memperkuat sinergitas dengan Kanwil Kemenag Riau untuk mempercepat pembangunan sektor pendidikan agama baik kualitas dan kuantitas seperti madrasah, pondok pesantren, Quran Center dan ekonomi syariah.

Sejumlah program unggulan itu dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Riau yang akan menjadi acuan pembangunan daerah masa kepemimpinan 2019-2024, kata

Gubernur Riau H.Syamsuar,M.Si di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, pada tahun 2019 dilakukan kajian persiapan lebih lanjut untuk program Quran Center, dan tahun 2020 diharapkan sudah bisa dilaksanakan.

Baca juga: Sembilan penyandang disabilitas jadi ASN Kemenag Riau

Disebutkan, salah satu faktor pendukung suksesnya qori-qoriah dan hafiz hafizah adalah dengan adanya tempat belajar Al Quran seperti yang di Provinsi Kepri yang menjadi rujukan Riau.

"Keberadaan pusat tempat pembelajaran adalah untuk mendukung kelancaran interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien, dari segi teroritis dan praktik," katanya.

Pengembangan pondok pesantran juga dibutuhkan, selain untuk mengembangkan aspek pokoknya yaitu pendidikan dan dakwah, juga berkembang hampir semua aspek kemasyarakatan, terutama yang berkaitan dengan kebudayaan dan ekonomi syariah.

Oleh karena itu, pengembangan ekonomi syariah juga akan menjadi program prioritas di Provinsi Riau, karena ekonomi syariah diperuntukkan untuk orang-orang Islam dan juga untuk non Islam.

"Dengan kepemimpinan ini kami bertekad untuk menjadikan Riau lebih baik lagi, sebagai negeri melayu Riau tidak bisa dilepaskan dengan adat bersendikan syarak, syarak bersendikan kitabullah, artinya segala perbuatan dan pekerjaan hendaknya selalu mengingat aturan adat dan agama, jangan sampai bertentangan satu dengan dengan lainnya," katanya.

Ditekankan bahwa seluruh program yang dilakukan senantiasa melibatkan para ulama dan pemuka agama lainnya, khususnya Kanwil Kemenag Riau yang bergerak di sektor pembangunan keagamaan dalam membangun umat yang lebih baik.

Baca juga: Kemenag Riau Percepat Tender Balai Nikah Rp4,275 Miliar

Baca juga: Kemenag Riau Bangun Balai Nikah Senilai Rp1,4 Miliar