160 siswa MAN 1 Bengkalis ikut simulasi UNBK

id unbk, bengkalis

160 siswa MAN 1 Bengkalis ikut simulasi UNBK

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Gelar Simulasi UNBK Bagi Siswa SMP (simulasi) (simulasi/)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Sebanyak 160 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri(MAN) 1 Bengkalis melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahap ke dua tahun ajaran 2018/2019.

"Dari 160 sisiwa tersebut berasal dari MAN 1 Bengkalis sebanyak 154 siswa, dan enam lainnya dari satu Madrasah swasta yang mereka ikuti dalam tiga sesi," kata Humas Kanwil Kemenag Riau, Musdhalifah di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, sebagaimana disampaikan Wakil Kaur Kurikulum MAN 1 Bengkalis Hennirosifasari, bahwa simulasi dilaksanakan agar siswa terbiasa menggunakan komputer dengan aplikasinya, sekaligus menguji kemampuan mereka bisa menjawab soal-soal yang akan muncul nantinya pada UNBK.

Simulasi ini diharapkan, agar siswa bisa melihat, belajar dan berusaha untuk menjawab sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

"Dengan digelarnya simulasi UNBK ini diharapkan kedepan semoga hasil ujian siswa akan lebih baik, namun tetap berharap pada pemerintah agar dapat memberikan bantuan kepada madrasah yang berkomitmen dalam pelaksanaan kegiatan UNBK melalui Dinas Pendidikan maupun dari Kemenag," katanya.

Sejumlah bantuan yang diharapkan untuk mendukung kelancaran proses UNKB yakni dapat berupa komputer atau server, karena ketersediaanya masih minim.

Selain itu, beberapa madrasah yang berada di daerah pinggiran yang minim akses internet.

Baca juga: 7.062 Pelajar SMA Bengkalis Ikuti UNBK, Bupati Pastikan Berjalan Kondusif

Sekolah tersebut, katanya, terpaksa bergabung dengan madrasah yang berada di perkotaan atau yang memiliki akses internet untuk menggelar UNKK.

"Simulasi ini berlaku untuk semua mata pelajaran yang diuji dan satu mata pelajaran pilihan. Untuk mata pelajaran pilihan diserahkan pada siswa untuk memilih, sedangkan untuk sisa yang mengambil bidang IPS, maka mata pelajaran yang diuji adalah Geografi, Ekonomi dan Sosial," katanya.

Baca juga: Kondisi Kelistrikan Memprihatinkan, SMK Bengkalis Gunakan Genset Selama UNBK

Selain itu untuk Bidang IPA, maka mata pelajaran yang akan diuji diantaranya Kimia, Fisika dan Biologi, yang tentunya disesuaikan saat registrasi peserta.