Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Gelar Simulasi UNBK Bagi Siswa SMP

id Disdik, simulasi UNBK

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Gelar Simulasi UNBK Bagi Siswa SMP

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Gelar Simulasi UNBK Bagi Siswa SMP (simulasi)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Dinas Pendidikan(Disdik) Kota Pekanbaru menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi para siswa beberapa SMP/sederajat di wilayah setempat menjelang ujian sesungguhnya diselenggarakan pada 22 sampai 25 April 2019.

"Kami sudah melakukan simulasi bagi siswa, di antaranya adalah SMP 10 dan SMP Kartika," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal di Pekanbaru, Rabu.

Dia menjelaskan, tujuan simulasi UNBK dilaksanakan bagi siswa SMP/sederajad guna mempersiapkan mental anak-anak.

Baca juga: Disdik-RAPP Kerjasama Program Peningkatan Mutu Pendidikan

Walau diakuinya simulasi tersebut memang tidak wajib dilakukan oleh sekolah. Namun karena ini menyangkut ujian akhir selalu membutuhkan persiapan dan ujicoba apalagi sistemnya UNBK.

"Hanya saja sebaiknya dilakukan agar para siswa tidak gugup pada saat mengikuti UNBK di hari H," kata Jamal.

Menurut dia, saat ini sekolah yang melakukan simulasi adalah yang melaksanaan UNBK mandiri atau sudah memiliki peralatan sendiri.

Sedangkan untuk sekolah yang masih menumpang ke sekolah lain dalam pelaksaknaan UNBK, bisa melaksanakan simulasi pada waktu mendekati hari H.

"Secara keseluruhan pelaksanaan UNBK tigkat SMP di Kota Pekanbaru sampai saat ini masih dipersiapkan secara matang," ujar Jamal.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum Antara, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP pada 22 sampai 25 April 2019.

Data yang dimiliki Disdik Pekanbaru, rekapitulasi peserta UNBK pada 2019 diikuti oleh 97 SMP dengan peserta 13.127 siswa.

Dengan perincian SMP swasta ada 58 sekolah dengan jumlah murid 3.903 orang. SMP negeri ada 39 sekolah dengan jumlah siswa 9.220 orang.

Sedangkan MTs yang melaksanakan UNBK sebanyak 30 sekolah dengan jumlah peserta mencapai 2.884 orang.

Baca juga: Disdik: Sekolah Pekanbaru Komit Dukung Imunisasi MR

Baca juga: Disdik Bengkalis Utamakan Profesionalitas Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas