Buka sosialisasi ANBK tingkat SD, ini harapan Kadisdik Bengkalis

id dinas pendidikan,Disdik Bengkalis,sosialisasi guru,Pemkab Bengkalis,kabupaten Bengkalis

Buka sosialisasi ANBK tingkat SD, ini harapan Kadisdik Bengkalis

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis yang diwakili Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dirhamsyah membuka sosialisasi tim Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Bengkalis, Sabtu (21/9). (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis yang diwakili Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dirhamsyah membuka sosialisasi tim Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Bengkalis, Sabtu.

Dikatakan Dirham, Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

"Dalam pelaksanaannya, Asesmen Nasional hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer secara daring dan semidaring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal," ujarnya.

Asesmen Nasional ini kata Dirham bertujuan untuk mengukur hasil belajar kognitif, hasil belajar non kognitif, dan kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Asesmen Nasional diperlukan sebagai bentuk Evaluasi Sistem Pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat untuk memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif sehingga menghasilkan Profil Pendidikan," ungkapnya.

Untuk memastikan pelaksanaan AN berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) AN, maka diperlukan Kegiatan Sosialisasi Tim ANBK Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Bengkalis tahun 2024.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai tugas, tanggung jawab dan mekanisme pelaksanaan ANBK kepada proktor di tingkat satuan pendidikan yang sesuai dengan POS AN.

"Setelah pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan kepada setiap proktor untuk membagikan apa yang sudah didapatkan pada kegiatan ini ke satuan pendidikan atau gugus di kecamatan masing-masing," harap Dirham.

Sosialisasi ini diikuti sebanyak 89 orang peserta dari perwakilan setiap guru dengan nara sumber dari Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Riau Taufik Bambang Indra Putra dan Koordinasi Proktor Kabupaten Bengkalis Afrizal.