Dua sekolah di Pekanbaru akan simulasi makan bergizi gratis

id Makan bergizi gratis, dinas pendidikan Pekanbaru,simulasi makan bergizi gratis

Dua sekolah di Pekanbaru akan simulasi makan bergizi gratis

Ilustrasi. Siswa SDN Sukasari 5 KotaTangerang menunjukan menu makan bergizi gratis yang disediakan Pemkot Tangerang bersama JW Movement dalam simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional program makan bergizi gratis terkait penguatan program Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Kamis (1/8/2024). (ANTARA/Irfan)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menyiapkan satu sekolah dasar (SD) dan satu sekolah menengah pertama (SMP) untuk simulasi program Makan Bergizi Gratis yang rencananya dilaksanakan pada Agustus ini.

"Sesuai arahan Pak wali (Pejabat Wali Kota), nanti kita ambil satu SD dan satu lagi SMP. Untuk SD, kita ambil salah satu sekolah di Sukajadi, kalau SMP belum ditentukan, masih didata," kata Kepala Disdik Pekanbaru, Abdul Jamal, Jumat kemarin.

Dalam simulasi Makan Bergizi Gratis, untuk satu paket dianggarkan senilai Rp15 ribu. Anggaran ini bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

"Jadi ini tanpa anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), tetapi menggunakan CSR. Ini akan kita coba dengan porsi sekitar Rp15 ribu," ucapnya.

Ia menyampaikan ada sekitar seribu anak di dua sekolah yang akan menerima Makan Bergizi Gratis nantinya. Hal itu untuk menguji apakah makan yang diberikan nantinya mencukupi kebutuhan gizi atau tidak.

“Jadi kita simulasikan dengan Rp15 ribu ini kira-kira lauknya cukup apa tidak, karena makanannya harus 4 sehat 5 sempurna," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyatakan jika Makan Bergizi Gratis akan diuji coba pemerintah kota setempat di pekan ketiga Agustus 2024. Pihaknya memang menugaskan disdik untuk menyiapkan sekolahnya.

"Itu nanti berkemungkinan kita lakukan simulasi di minggu ketiga bulan Agustus. Kita sudah menugaskan dinas pendidikan untuk mendata berapa orang siswa kita yang nanti dapat makan sehat bergizi," terang Indra.

Ia menambahkan pihaknya akan mematangkan persiapan pemberian makan sehat bergizi ini menjelang simulasi agar program tersebut bisa berjalan baik dan tepat sasaran.