Kemenag Riau Peroleh Rp4,275 Miliar Untuk Bangun Sarana

id Kemenag, sarana haji

Kemenag Riau Peroleh Rp4,275 Miliar Untuk Bangun Sarana

Kemenag Riau Peroleh Rp4,275 Miliar Untuk Bangun Sarana (Antaranews/Frislidia)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Kanwil Kemenag Riau tahun 2019 memperanggaran pembangunan infrastruktur melalui skema SBSN senilai Rp4,275 miliar untuk tiga kabupaten dan kota untuk pembangunan tiga unit gedung balai nikah dan gedung manasik haji.

"Pembangunan ini akan dilakukan di tiga derah yaitu Pekanbaru tepatnya di Kec. Suka Jadi, Kabupaten Kepulauan Meranti di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, dan Kabupaten Kuansing di Kecamatan Kuantan Mudik, " kata Humas Kemenag Riau Musdhalifah, di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Musdhalifah, anggaran pembiayaan pembanguna balai nikah dan gedung manasik haji tersebut adalah program Kemenag RI sebesar Rp2,7 triliun berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), yang merupakan anggaran pembiayaan pembangunan bagi 41 unit sarana dan fasilitas gedung PTKIN dan 125 madrasah di Dirjen Pendidikan Islam.

Baca juga: Kemenag Riau Pelajari Kesiapan Embarkasi-Haji ke Bengkulu

Ia menyebutkan, perolehan anggaran pembiayaan tahun 2019 tersebut mengalami peningkatan sebesar Rp0,5 triliun dibandingkan perolehan tahun 2018 sebesar Rp2,2 triliun untuk seluruh pelosok Indonesia.

"Alhamdulillah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) menjadi salah salah satu instrumen pendanaan strategis dalam membiayai proyek infrastruktur Kementerian dan lembaga," kata Mushdlaifah seperti disampaikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Riau Drs H Afrialsah Lubis MA.

Ia mengatakan, sejak program ini diluncurkan pada tahun 2013, tercatat 12 titik yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota se-Riau yang sudah mendapatkan bantuan dana SBSN tersebut.

Oleh karena itu, kata Afrialsah, Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Riau menggiatkan rapat terkait evaluasi pelaksanaan SBSN tahun 2018, Riau mendapatkan 8 titik pembangunan di sejumlah kabupaten dan kota.

"Tahun 2018 adalah kali kedua Kemenag Riau menerima anggaran SBSN untuk pembangunan balai nikah dan manasik haji. Berbagai infrastruktur mulai dari Balai Nikah dan Manasik Haji termasuk asrama haji, gedung Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) hingga madrasah telah dibangun menggunakan dana SBSN tersebut," katanya.

Baca juga: Hindari Pemalsuan Paspor, Kemenag Pekanbaru Gunakan Barcode

Baca juga: Kemenag Riau Kumpulkan Dana Rp343,09 Juta Untuk Bantuan Korban Bencana Alam Palu