Pemko Pekanbaru Ganti 25.000 Lampu PJU dengan Bohlam Hemat Energi

id Pemko Pekanbaru,listrik,tagihan listrik pekanbaru

Pemko Pekanbaru Ganti 25.000 Lampu PJU dengan Bohlam Hemat Energi

Pekanbaru ganti bola lampu hemat energi (Vera)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Pemerintah Kota Pekanbaru mengganti sekitar 25.000 bohlam lampu penerang jalan umum (PJU) dengan lampu hemat energi dengan alasan untuk menekan biaya pemakaian listrik bulanan.

"Ya hari ini dan seterusnya secara bertahap kita kita akan kerahkan personil ke lapangan untuk menganti bola lampu jantung ke lampu hemat energi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Kendi Harahap MT kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Kendi Harahap MT menyatakan pihak telah mendata saat ini ratusan lampuhemat energi sudah terpasang di lima rayon yang ada di Kota Pekanbaru."Selanjutnya jumlah itu akan terus bertambah hingga 25 ribu bola," tuturnya.

Baca juga: Pemko Pekanbaru Nunggak Listrik Rp86,9 miliar, ini penjelasan pihak PLN

Ia menyebutkan adapun tujuan dilakukannya pengantian bola jantung dengan hemat energi guna menekan pemakaian listrik PJU yang membebani anggaran pemerintah daerah mencapai sekitar Rp12 miliar sebulan.

"Bola lampu hemat energi ini besar dayanya 62 watt. Sedangkan sebelumnya lampu jantung itu rata-rata 500 watt per bola. Dengan adanya pergantian lampu ini tentu akan menghemat anggaran sekitar 50 persen," terang dia.

Dengan penggantian sebanyak 25 ribu bola PJU ini nantinya diharapkan akan membuat pembayaran tagihan menjadi hemat.

"Jika, sebelumnya sebesar Rp12 miliar. Tentu dengan adanya pergantian lampu hemat energi ini bisa turun tagihan PLN sebesar Rp6 miliar, " tegasnya.

Ditambahkan Kendi, pihak nya akan terus memasang pergantian lampu hemat energi tersebut secara bertahap."Kita perkiraan pergantian lampu jantung ke lampu hemat energi ini akan selesai pada akhir Februari nanti. Karena ada 25 ribu lampu hemat energi itu akan dipasangkan. Makanya butuh waktu untuk mengantinya," pungkasnya.

Baca juga: DPRD Riau kritisi PLN putuskan listrik Puswil Soeman HS

Baca juga: Politeknik Bengkalis Juara Desain Teknologi Terbaik Mobil Listrik