343 Calon Komisioner KPU Riau Tes Psikologi

id 343 calon, komisioner kpu, riau tes psikologi

343 Calon Komisioner KPU Riau Tes Psikologi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 343 calon anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) asal Riau ikuti tes psikologi di Pekanbaru guna proses penjaringan.

"Mulai dari hari ini hingga dua hari ke depan, 343 orang calon Anggota KPU Riau dan kabupaten/kota menjalani rangkaian tes psikologi atau psikotes," kata Ketua Timsel I KPU Riau, Muhammad Sahal di Pekanbaru, Kamis.

Muhammad Sahal menjelaskan tes psikologi dan psikotes ini dilakukan oleh Timsel KPU Riau bekerja sama dengan Polda Riau bertempat di salah satu hotel di Pekanbaru.

Muhammad Sahal mengatakan bahwa peserta sebanyak 343 tersebut merupakan yang telah lulus pada tahap awal berbasis Computer Asissted Test (CAT). Sejauh ini pelaksanaan tes berjalan dengan lancar.

Dari 343 yang tes ini terdiri dari 16 orang calon KPU Riau dan 327 calon KPU kabupaten/kota.

"Tes ini dilakukan untuk melihat karakter psikologis peserta dengan hasilnya nanti disarankan, dapat dipertimbangkan dan tidak disarankan," ujar Sahal sapaan akrab pria ini.

Sahal menambahkan bahwa tes hari ini dimulai dari tes psikometrik dimana seluruh peserta dimasukkan dalam satu ruangan dan mengerjakan soal yang diberikan. Tes ini berlangsung dari jam 09.00 pagi hingga istirahat siang.

Setelah itu, tes dilanjutkan dengan Focussed Group Discussion (FGD). Keseluruhan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi.

"Penilai nanti akan mengamati jalannya diskusi yang dilakukan peserta,"tegas Sahal.

"Setelah itu baru dilakukan tes wawancara oleh psikolog. Tes ini dilaksanakan besok untuk kelompok 1 dan lusa untuk kelompok 2," imbuh Sahal.

Ia menambahkan setelah menjalani seluruh rangkaian psikotes, hasilnya nanti akan diumumkan oleh timsel pada 25-27 November.

"Rencana akan kita umumkan tanggal 25 November," pungkas Sahal.