KSOP Dumai Sosialisasikan Kepelabuhanan Wujudkan Keselamatan Berlayar

id ksop dumai, sosialisasikan kepelabuhanan, wujudkan keselamatan berlayar

KSOP Dumai Sosialisasikan Kepelabuhanan Wujudkan Keselamatan Berlayar

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Sanggam Marihot membuka sosialisasi bidang kepelabuhanan untuk mendorong insan pelabuhan bersinergi mewujudkan keselamatan pelayaran, Rabu.

Dalam sambutan, Sanggam menyebut, sosialisasi dengan peserta pengguna jasa kepelabuhanan ini merupakan program strategis Ditjen Perhubungan Laut untuk pemenuhan keselamatan dan keamanan di lingkungan kemaritiman.

"Diharap semua pihak di kepelabuhanan selalu bersinergi menjaga dan mengutamakan unsur keselamatan keamanan pelayaran, karena itu beberapa kebijakan dan aturan akan disampaikan dalam sosialisasi Ini," kata Sanggam.

Dijelaskan, peserta akan diberi materi seputar perkapalan, kepelabuhanan dan keselamatan berlayar sesuai aturan berlaku, sebagai bentuk komitmen Ditjen Hubla dalam menjalankan tugas pengawasan keselamatan dan keamanan di sektor maritim.

Materi sosialisasi bidang kepelabuhanan meliputi aturan dan dasar hukum serta operasional terminal khusus dan terminal untuk kepentingan sendiri, dan penerapan percepatan pelayanan publik sistem online.

Sedangkan materi sosialisasi perkapalan di antaranya, dokumen dan sertifikat, pelaksanaan penyelenggaraan kelaikan kapal, keselamatan konstruksi kapal, perlengkapan penolong kapal penumpang, perangkat navigasi dan lainnya.

Untuk keselamatan berlayar, materi tentang pelaksanaan pengawasan tertib bandar dan pergerakan kapal, pemeriksaan pemenuhan persyaratan pengawakan kapal dan penyiapan bahan penerbitan dokumen kepelautan, perjanjian kerja laut, perlindungan awak kapal, pemanduan dan penundaan kapal, pengawasan kapal asing, pemenuhan persyaratan kelaiklautan kapal dan penerbitan surat persetujuan berlayar.

"Sosialisasi ini penting menambah pengetahuan pengguna jasa agar memahami kebijakan dan aturan tentang pelayanan kesyahbandaran, diharap peserta bisa ikut untuk kepentingan bersama," sebutnya.

Materi lain disampaikan, tentang pengelasan di laut dan darat, pekerjaan bawah air, penanggulangan musibah pelayaran, pengelasan kapal di dermaga, surat pengawasan bongkar barang berbahaya, pengawasan muat barang berbahaya, bongkar limbah B3, pengisian bahan bakar kapal dan bongkar barang khusus.

Terkait rencana penerapan pelayanan publik berbasis elektronik, KSOP Dumai bekerjasama dengan Pelindo I untuk memudahkan pengguna jasa kepelabuhanan melakukan pendaftaran rekomendasi persetujuan berlayar dan bongkar muat barang.