50 warga terlibat dalam Padat Karya KSOP Dumai

id KSOP Dumai, Padat Karya Dumai

50 warga terlibat dalam Padat Karya KSOP Dumai

Pembukaan Program Padat Karya KSOP Dumai di Pelabuhan Penumpang BSJ Dumai. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai pekerjakan 50 warga setempat dalam Program Padat Karya Tahun 2021 dengan kegiatan pembersihan lantai ponton dan dermaga di Pelabuhan Penumpang Bandar Sri Junjungan Dumai, Kamis.

Kepala KSOP Dumai Viktor Viki Subroto mengatakan, kegiatan padat karya di Pelabuhan Penumpang BSJ di Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat ini sesuai arahan Direktur Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka mendukung program Kementerian Dalam Negeri bersama Komisi V DPR RI.

"Kegiatan ini seperti diarahkan Presiden Jokowi agar kementerian dalam kondisi COVID-19 dapat mendukung percepatan pengentasan kemiskinan dan membantu perekonomian masyarakat kecil terdampak COVID-19 dengan program padat karya sebagai bentuk kehadiran pemerintah," kata Viktor kepada wartawan.

Melalui kegiatan sosial padat karya ini, Viktor berharap bisa bermanfaat dalam membantu masyarakat kecil yang berada di sekitar kerja Unit Pelaksana Tugas (UPT) di bawah Dirjen Hubla Kemenhub RI.

Dalam kegiatan prioritas lingkungan bersih ini, turut bekerjasama Dinas Perhubungan Dumai, Camat Dumai Barat, Lurah Pangkalan Sesai serta sejumlah organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) penggiat lingkungan dan pembangunan.

Sebelum dimulai kegiatan bersih ponton dan dermaga ini, Kepala KSOP Dumai Viktor Viki Subroto menyerahkan bantuan alat kerja kepada peserta padat karya yang merupakan warga berdomisili di Kelurahan Pangkalan Sesai.

Info tambahan, program padat karya menjadi salah satu program prioritas nasional Tahun 2021, dan kementerian perhubungan terus berkomitmen dengan ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat, melalui program padat karya di semua sektor transportasi.

"Sesuai arahan Presiden, program padat karya di sektor transportasi merupakan janji pemerintah yang akan terus membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ditambahkan Memhub, penyelenggaraan program padat karya di sektor transportasi meliputi pekerjaan kecil seperti pemeliharaan dan pembangunan terminal, bandara, pelabuhan, dan jalur kereta api, serta fasilitas keselamatan transportasi.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021