Ratusan Warga Dumai Periksa Kesehatan Gratis Yang Diadakan Pertamina

id ratusan warga, dumai periksa, kesehatan gratis, yang diadakan pertamina

Ratusan Warga Dumai Periksa Kesehatan Gratis Yang Diadakan Pertamina

Istimewa

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Ratusan warga di Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur ikuti pemeriksaan kesehatan gratis diadakan Pertamina RU II Dumai, selama dua hari untuk 16 rukun tetangga di daerah itu, Selasa.

Pemeriksaan kesehatan gratis berlangsung di Jalan Bandes ini diikuti sebagian besar warga usia lanjut, karena melayani cek darah, gula dan sekaligus diberi obatan oleh tim medis RS Pertamina Dumai.

"Saya jarang cek kesehatan, biasa nya di puskesmas, dan kebetulan ada pemeriksaan gratis, makanya datang kesini," kata seorang warga, Usila.

Manager Umum Pertamina RU II Muslim Dermawan mengatakan, kegiatan sosial kemasyarakatan bidang kesehatan ini dilakukan untuk memenuhi keluhan dan aspirasi warga mengaku terkena dampak operasional kilang minyak Putri Tujuh.

Setelah menerima harapan warga secara resmi melalui kelurahan, maka Pertamina mengadakan cek kesehatan gratis dan menurunkan tujuh dokter umum, dua apoteker dan belasan tim medis lengkap dengan peralatan dan obatan.

"Untuk menjawab keinginan warga yang merasa terdampak langsung operasional kilang minyak, dan setelah berkoordinasi dengan kelurahan dan dinas kesehatan, kita adakan cek gratis ini," kata Muslim.

Pertamina RU II berusaha memberikan pelayanan cek kesehatan gratis bagi warga berada di lingkungan terdekat kilang minyak ini secara rutin, karena menjadi taggung jawab bersama dalam rangka penyehatan masyarakat.

Ketua RT 02 Kelurahan Tanjung Palas Kota Dumai Ramli menyebut, warga setempat terdiri sekitar 165 kepala keluarga mengeluhkan batuk dan sesak nafas akibat menghirup udara diduga bercampur dengan abu dan asap dari kegiatan kilang minyak.

"Kita sampaikan keluhan ini kepada pertamina dan diketahui kelurahan, agar kesehatan masyarakat diperhatikan, dan diharap cek gratis ini dilaksanakan rutin oleh perusahaan," kata Ramli.

Dari hasil pemeriksaan gratis ini, dokter menyimpulkan banyak masyarakat mengalami sakit hepatitis, terutama usila, dan disusul diabetes, sedangkan anak anak cenderung batuk dan flu.