Suami-Istri Di Riau Jadi Korban Serangan Beruang

id suami-istri di, riau jadi, korban serangan beruang

Suami-Istri Di Riau Jadi Korban Serangan Beruang

Ilustrasi

Pekanbaru,(Antarariau.com) - Pasangan suami isteri di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang menjadi korban serangan satwa liar beruang liar, sehingga harus mendapat perawatan intensif di RSUD Teluk Kuantan akibat terluka parah.

"Masih dirawat, tapi sudah ditangani dokter. Lumayan cukup parah luka yang diderita korban, terutama bagian wajah dan paha," kata Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Mulyo Hutomo kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Mulyo menjelaskan korban bernama Abu Hanafiah (56) dan istrinya Lastri (42) tersebut diserang beruang pada saat sedang bekerja mengambil getah di perkebunan karet di Desa Teratak Baru, Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Singingi, Rabu lalu (10/10).

Pascakejadian, ia mengatakan BBKSDA Riau segera menurunkan tim guna mengidentifikasi lokasi kejadian, termasuk melacak keberadaan satwa berbulu hitam tebal tersebut.

"Sudah kita turunkan tim. Kita sedang observasi dulu," tuturnya.

Menurut dia, berdasarkan keterangan masyarakat setempat mereka kerap dihantui dengan kemunculan beruang. Mulyo mengatakan wilayah itu memang berbatasan langsung dengan hutan konservasi Taman Nasional Tesso Nilo, yang merupakan salah satu areal habitat beruang.

Untuk itu, dia menjelaskan timnya bersama dengan warga dan aparat telah berkoordinasi guna menanggulangi insiden tersebut.

Terpisah, Kapolres Kuantan Singingi, AKBP Fibri Karpiananto menjelaskan kondisi korban cukup mengenaskan atas insiden serangan itu. Abu, kata dia mengalami luka sobek akibat cakaran beruang pada bagian wajah dan mata. Sementara istrinya mengalami luka sobek pada bagian paha sebelah kanan.

"Korban diserang saat sedang 'nderes' karet. Tiba-tiba datang beruang yang langsung menyerang keduanya," ujarnya.

Beruntung pada saat kejadian, beberapa warga lainnya yang mendengar teriakan minta tolong korban langsung memberikan bantuan. Korban yang mengalami luka hebat langsung dibantu warga dibawa ke rumah sakit sesaat beruang berhasil diusir.

Insiden serangan beruang kepada warga terutama yang bekerja pada sektor perkebunan bukan kali ini terjadi di Riau. Sebeumnya, insiden yang sama sempat terjadi di Kabupaten Kampar dengan beberapa wargan menderita luka-luka akibat serangan hewan buas itu.

Kemunculan beruang serta satwa liar lainnya yang kerap terjadi di Riau tidak lepas dari buruknya pengelolaan habitat hewan tersebut. Selain beruang, sebut saja Bonita, Harimau betina dewasa yang sempat keluar dari sarang hingga menghabisi nyawa dua korban di Kabupaten Indragiri Hilir beberapa waktu lalu.