Wakil Walikota Pekanbaru Ajak Masyarakat Muslim Untuk Meberikan Perhatian Dan Memberdayakan Muallaf

id wakil walikota, pekanbaru ajak, masyarakat muslim, untuk meberikan, perhatian dan, memberdayakan muallaf

Wakil Walikota Pekanbaru Ajak Masyarakat Muslim Untuk Meberikan Perhatian Dan Memberdayakan Muallaf

Istimewa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi ajak masyarakat terutama Umat Muslim di daerah tersebut untuk meningkatkan perhatian dan serta pemberdayaan bagi para muallaf.

"Mereka adalah saudara kita juga. Kita tidak tahu apa yang telah mereka lewati untuk menemukan hidayah," ucapnya di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menyebutkan bahwa pemberdayaan dan pembinaan bagi para muallaf tersebut adalah sebuah keharusan bagi masyarakat yang memang telah lebih dulu memeluk Islam.

Pasalnya, ia menilai bahwa untuk merubah keyakinan seseorang bukanlah perkara yang mudah, lantaran hal tersebut sangat berkaitan dengan jalan hidup serta hati nurani dari individu tadi.

Bahkan bukannya tidak mungkin hal tersebut juga mendapatkan tentangan dari orang terdekat individu tersebut. Kendati demikian Indonesia sudah mengatur soal jaminan bagi seseorang dalam memeluk agama masing-masing.

Namun tentu agama tersebut adalah agama yang telah diakui di Indonesia.

Lebih jauh, ia menyebutkan bahwa pemberdayaan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan pekerjaan bagi para muallaf tadi.

Hal ini bisa dilakukan oleh ummat Muslim yang memang memiliki kapabilitas dalam hal tersebut. Namun bagi ummat Muslim yang belum bisa melakukan hal ini dapat juga memberikan bantuan berupa sumbangan baik materi maupun ilmu agama yang dimiliki.

"Setidaknya ilmu agama yang kita punya selama ini juga bisa menjadi suatu bantuan maupun hal yang bermanfaat bagi para muallaf tadi," tambahnya.

Terlebih lagi masyarakat Melayu sangat menjunjung tinggi adat dan agama, maka menyambut kedatangan para muallaf tadi sudah selayaknya dilakukan oleh seluruh masyarakat Muslim.

Ia menilai bahwa sejuauh ini sudah terdapat banyak kegiatan yang memang diperuntukkan bagi para muallaf.

Hal tersebut dikatakan Ayat bertujuan agar para muallaf tadi dapat menimba ilmu lebih banyak lagi mengenai Islam. Setidaknya dari informasi yang ia dapat di berbagai Masjid Paripurna hal ini bahkan sudah menjadi agenda rutin. Seperti pengajian maupun pendalaman ilmu soal Islam itu sendiri.

"Banyak kegiatan yang memang ditujukan untuk para muallaf. Di Masjid An-Nur ada, Al Fallah jalan Sumatera juga ada," ucapnya lagi.

Ayat berharap agar kegiatan serupa juga dapat dilakukan lebih banyak lagi. Selain menjadi tanggung jawab bersama, membantu para muallaf termasuk dalam salah satu dari delapan Asnaf yang berhak mendapatkan zakat serta perhatian dari para ummat Muslim.