Kharisman diberi mandat DPP PDI-P sebagai Balon Wakil Wali Kota Pekanbaru

id PDIP pekanbaru, Walikota Pekanbaru, Pilwako

Kharisman diberi mandat DPP PDI-P sebagai Balon Wakil Wali Kota Pekanbaru

Konsolidasi PDI P dalam rangka pemenangan Pilkada Pekanbaru. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan resmi memberikan surat tugas kepada kadernya Kharisman Risanda sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Pekanbaru.

Mandat dari pusat itu disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pekanbaru Robin P Hutagalung saat Rapat konsolidasi partai dalam rangka memenangkan Pilkada Kota Pekanbaru di salah satu hotel, Senin malam.

"SK tugas yang dikeluarkan DPP berisikan mandat tugas kepada Bung Kharisman sebagai calon wakil wali kota, selanjutnya yang bersangkutan diberikan kewenangan untuk berkomunikasi dengan partai politik dan orang-orang yang akan maju sebagai calon wali kota yang kemudian terpenuhi persyaratannya untuk didaftarkan ke KPU pada 27 Agustus nanti," kata Robin kepada wartawan.

Robin mengatakan PDI-P dan Kharisman intens melakukan negosiasi politik ke partai lainnya seperti Golkar, Nasdem, Hanura dan PKB. Namun ia masih merahasiakan figur yang akan mendampingi Kharisman untuk bertarung di Pilwako Pekanbaru.

Dia mengaku banyak yang ingin meminang Kharisman sebagai tandem di Pilwako. Namun pihaknya masih mengukur kecocokan calon yang bakal menjadi pendamping Kharisman untuk memimpin Pekanbaru. Adapun kriteria calon yang diinginkan PDI P adalah melihat dari potensi kemenangan, kemudian personalnya dan kesamaan ideologi dengan PDI P dan Kharisman.

"Banyak yang melamar Pak Kharisman ini, kita masih ngukur mana yang paling cocok. Yang lamar itu bagus-bagus, tapi kita belum putuskan, tapi ini sudah mengerucut, nanti akan kami sampaikan pasangan Bung Kharisman. Sekarang masih rahasia," ucap dia.

Sementara itu, Kharisman Risanda mengaku kesiapannya sudah sangat matang dalam kontestasi politik tersebut. Hal itu, kata dia, sesuai dengan instruksi Ketum Megawati Soekarnoputri, diminta untuk turun ke masyarakat, akar rumput dengan menggandeng simpul relawan PDI P.

"Sebagai calon, kita terus turun sesuai arahan Ibu Megawati. Ada 15 kecamatan sudah kita jajaki. Hari ini kita memanaskan mesin partai dan terbukti kesolidan dan militansi kawan kawan sangat luar biasa sehingga saya sudah sangat siap lahir dan batin dengan dukungan yang luar biasa ini," kata Pengusaha muda itu.

Berdasarkan hasil perolehan kursi pada Pileg 2024, PDIP Kota Pekanbaru berhasil meraih tujuh kursi. Sesuai syarat Komisi Pemilihan Umum (KPU), minimal diperlukan 10 kursi untuk dapat mencalonkan diri. Maka Kharisman butuh minimal tiga kursi lagi untuk dapat berlayar di Pilwako Pekanbaru.