RAPP Luncurkan Pusat Penelitian Lingkungan Berkelanjutan

id rapp luncurkan, pusat penelitian, lingkungan berkelanjutan

Pangkalan Kerinci,20/7(ANTARA)- Menteri Perindustrian Mohammad S. Hidayat, di Pangkalan Kerinci, Riau, Selasa, meresmikan April Technology Center atau ATC yang merupakan pusat penelitian perusahaan bubur kertas PT Riau Andalan Pulp Paper (RAPP).

Pusat penelitian tersebut dibangun di atas lahan seluas 7.500 meter persegi dan dengan luas bangunan 5.436 meter persegi.

Rencananya, pusat penelitian ini akan dapat menjawab kebutuhan nasional dan internasional yang berkaitan dengan utilisasi penerapan teknologi tinggi untuk pemanfaatan dan perlindungan lingkungan yang berkelanjutan.

ATC ini memiliki sejumlah fasilitas, diantaranya seperti Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Tanah & Pupuk, Laboratorium Hama & Penyakit, Laboratorium Peningkatan Produktivitas Pulp, Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Fiberone untuk penerapan "Best Practice" dalam pengelolaan hutan tanaman lestari, serta Ruang Konferensi, Pertemuan dan fasilitas umum lainnya.

"Kementrian Perindustrian sangat mendukung beroperasinya ATC ini. Apalagi, RAPP sudah memberikan sumbangsih pada negara dengan melakukan ekspor ke 60 negara," ujar Mohammad S Hidayat.

Ia menambahkan dengan didirikannya pusat penelitian dan pengembangan ATC ini, sektor industri kertas dan bubur kertas Indonesia bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

"Selain itu juga, dapat menyerap tenaga kerja di Indonesia," kata dia.

Direktur Utama PT RAPP Kusnan Ramin, mengatakan bahwa dengan didirikannya ATC ini diharapkan bisa menjadi pusat inovasi untuk menghasilkan bibit Euclyptus dan Akasia yang berkualitas.

"Apalagi di ATC ini memiliki sekitar 100 peneliti dari berbagai bidang keahlian," jelasnya.

Gubernur Riau, Rusli Zainal, mengatakan kehadiran ATC ini mendukung visi misi Riau pada 2020, menjadi pusat perdagangan dan kebudayaan Melayu.