Forikan Siak Gencar Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

id forikan, siak gencar, ajak masyarakat, konsumsi ikan

 Forikan Siak Gencar Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

Siak (Antarariau.com) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak, Riau kembali mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di kecamatan Sabak Auh.

"Gemarikan adalah suatu gerakan moral untuk bisa memotivasi masyarakat mengonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar menjadi cerdas dan kuat," ujar Ketua Forikan Kabupaten Siak, Rasidah di Siak, Jumat.

Dia katakan, ikan sebagai sumber protein sangat relevan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus bisa meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis perikanan.

Kampanye gemarikan ini lanjut Rasidah, untuk menumbuhkan kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat agar mengkonsumsi ikan. Karena nilai gizi pada ikan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

"Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat berguna untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak terutama pada masa 1.000 hari kehidupan pertama anak," jelasnya.

Dia berharap, meningkat kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup. Selain itu gemar makan ikan harus ditanamkan sejak usia dini hingga dewasa.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, Susilawati mengatakan, kampanye makan ikan adalah salah satu sarana promosi edukatif yang bekerja sama dengan Forikan untuk mendorong kreativitas para ibu dalam mengolah ikan serta mempromosikannya kepada masyarakat luas.

Dengan demikian gerakan peningkatan komsumsi ikan akan menjadi masif dan cepat sampai ke tingkat desa.

"Tingkat konsumsi ikan di tengah masyarakat diharapkan terus meningkat seiring dengan upaya meningkatkan hasil produksi perikanan di Kabupaten Siak, baik produksi budi daya maupun hasil tangkap," kata Susi.

Dia menyebutkan, sejak dicanangkannya program tersebut, pada 2016 angka konsumsi perkapita makan ikan masyarakat Kabupaten Siak sebesar 31,49 persen per kapita dan tahun 2017 meningkat menjadi 38,69 persen.