Beruang Madu Liar Diselamatkan dari Jerat Babi Warga Desa Junjungan Inhil oleh BBKSDA

id beruang madu, liar diselamatkan, dari jerat, babi warga, desa junjungan, inhil oleh bbksda

Beruang Madu Liar Diselamatkan dari Jerat Babi Warga Desa Junjungan Inhil oleh BBKSDA

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Tim gabungan dari Polres Indragiri Hilir dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, berhasil menyelematkan seekor beruang madu liar dari perangkap jerat babi di Hutan Desa Junjangan.

"Beruang itu terjerat pada mirip jeratan babi," kata Kapolres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Christian Rony Putra kepada wartawan di Pekanbaru, Senin.

Seekor beruang madu terjerat jeratan warga yang dipasang di hutan Desa Junjangan, Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Setelah menemukan satwa berkuku tebal itu, tim gabungan dari jajaran Polres Indragiri Hilir dan personel BBKSDA Riau serta masyarakat melakukan evakuasi.

Christian menjelaskan, penemuan satwa yang dilindungi itu terjadi pada Minggu (22/7) siang. Kemudian setelah mendapatkan informasi tersebut, polisi berkoordinasi dengan BBKSDA Riau serta perangkat desa setempat.

Kemudian sore itu pukul 15.50 WIB, tim gabungan berangkat dari Tembilahan menuju Desa Junjangan. Setelah dua jam perjalanan, tim tiba di lokasi dan langsung melakukan evakuasi terhadap beruang madu yang terjerat.

Proses penyelamatan beruang dari jerat, lanjutnya, memakan waktu sekitar tiga jam.

"Beruang madu berhasil dievakuasi dengan cara manual menggunakan tali dan diangkut dengan menggunakan pipa besi," katanya.

Kemudian beruang dibawa ke Pelabuhan Kelurahan Pekan Arba dengan menggunakan perahu pompong (kayu).

Sekitar pukul 23.00 WIB, pompong yang mengangkut beruang tersebut tiba di Pelabuhan Pekan Arba untuk dipindahkan ke dalam kandang evakuasi milik BBKSDA Riau dan dibawa ke Mapolres Indragiri Hilir.

Pihak kepolisian kemudian menyerahterimakan satwa liar itu ke BBKSDA Riau.

"Sekira pukul 00.45 WIB, Tim BBKSDA Riau berangkat ke menuju BBKSDA Pekanbaru membawa beruang tersebut," katanya.