Bersihkan Lahan dengan Membakar, Petani di Dumai ini Diamankan

id bersihkan lahan, dengan membakar, petani di, dumai ini diamankan

Bersihkan Lahan dengan Membakar, Petani di Dumai ini Diamankan

Dumai, Riau,(Antarariau.com) - Seorang petani inisial Js (48) yang membersihkan lahan dengan membakar di Kecamatan Bukit Kapur, berhasil diamankan tim satgas penanggulangan kebakaran hutan lahan Polres Dumai.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Dumai Awaluddin di Dumai, Senin, mengatakan, penangkapan pelaku pembakar lahan ini berkat informasi patroli pemantauan api PT Arara Abadi dan petugas langsung diturunkan ke lokasi.

"Setelah membakar, petani ini meninggalkan api untuk melakukan penyemprotan hama, dan kemudian meluas ke perkebunan kelapa sawit sempadan, dan aktivitas ini terpantau patroli arara abadi," kata Awaluddin.

Dijelaskan, akibat perbuatan Js, lahan miliknya seluas 2.000 meter persegi dan perkebunan sawit sempadan 5.000 meter persegi terbakar dan menimbulkan asap.

Dari keterangan pelaku, akivitas membakar lahan ini diketahui dia merupakan perbuatan melanggar hukum, namun tetap dilakukan karena faktor ekonomi dan berniat hanya membuat api unggun.

Polisi mengamankan pelaku Js di lokasi lahan terbakar di Jalan Sukaramai bersama sejumlah alat bukti perbuatan, yaitu beberapa potong kayu sisa terbakar dan satu alat penyemprot hama.

"Pelaku awalnya hanya membuat api unggun untuk buka lahan, tapi setelah membakar, api ditinggalkan dan dia menyemprot hama hingga api meluas ke lahan sebelah," sebutnya.

Atas perbuatan ini, polisi akan menjerat pelaku dengan pasal pidana dan berkoordinasi dengan penyidik Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

Diberitakan Antara, Polda Riau memberi peringatan berupa operasi tangkap tangan bagi pelaku pembakar lahan dan hutan, karena dalam beberapa pekan terakhir mengalami peningkatan.

Kapolda Riau Irjen Pol Nandang menegaskan, pembakaran lahan merupakan kejahatan luar biasa, dan pihaknya terus berupaya menekankan upaya terapi kejut dengan melakukan OTT kepada pelaku.

"Iya (OTT pelaku pembakar lahan), kita sinergi dengan Kodim, BPBD dan masyarakat untuk melawan Karhutla secara bersama-sama," ujar Kapolda Nandang di Pekanbaru. ***2***