4 Daerah Riau ini Belum Teruma Surat Suara Pilgubri 2018,

id 4 daerah riau ini belum teruma surat suara pilgubri 2018

4 Daerah Riau ini Belum Teruma Surat Suara Pilgubri 2018,

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menyatakan masih ada empat kabupaten/kota di Riau belum menerima pengiriman surat suara dari perusahaan percetakan di Malang selaku pemenang tender.

"Ada empat kabupaten/kota lagi di Riau yakni Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Dumai belum menerima pengiriman surat suara," kata Divisi Logistik Keuangan dan Umum KPU Riau, Sri Rukmini kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Sri Rukmini menjelaskan pengiriman untuk empat kabupaten/kota baru akan dilakukan 8 Juni 2018. Hal ini memang sudah sesuai jadwal dan roster pengiriman distribusi surat suara yang menganut azas prioritas oleh KPU Riau.

"Sebanyak delapan dari 12 kabupaten/kota setempat sudah menerima pengiriman surat suara untuk keperluan Pilkada 2018 dari percetakan di Malang. Sisanya ada empat kabupaten lagi yakni Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Dumai akan dikirim dari percetakan 8 Juni mendatang, " ujar Sri.

Menurut dia memang pengiriman distribusi surat suara ke kabupaten/kota se-Riau sudah diatur dan diutamakan wilayah yang jauh terlebih dahulu.

Namun demikian dengan pengiriman yang dimulai 8 Mei, bagi empat kabupaten terakhir, maka paling lambat 12 Mei semua surat suara akan tiba di Kantor KPU masing-masing.

Selanjutnya dalam tempo empat hari setelah itu proses pelipatan surat suara juga akan selesai.

"Dari sana nantinya pihak KPU akan mengetahui berapa yang rusak untuk dimintakan penggantinya, " tutur dia.

Sebelumnya diberitakan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau telah melakukan pencetakan surat suara untuk Pemilihan Gubernur 2018 setempat mulai 26 Mei 2018.

Pencetakan surat suara dilakukan di Bekasi Jawa Barat oleh pemenang tender PT Temprima Sidoarjo Jatim.

Sesuai kontrak lelang pengadaan surat suara proses selesai dalam 10 hari.

Jumlah surat suara yang dicetak sesuai data DPT pada Pilkada Provinsi Riau 2018 yaknib sebanyak 3.622.488 jiwa, ditambah 2,5 persen per TPS.

Dari DPT ini terdapat laki-laki 1.840.292 pemilih dan perempuan 1.782.196 pemilih.

Sementara jumlah TPS ada 12.048 yang tersebar di 12 kabupaten dan kota se Riau.

***2***