Rohil Tercepat Rampungkan Paspor Calon Jamaah Haji 2018 ini

id rohil tercepat, rampungkan paspor, calon jamaah, haji 2018 ini

Rohil Tercepat Rampungkan Paspor Calon Jamaah Haji 2018 ini

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menjadi yang tercepat dalam merampungkan dokumen paspor calon jamaah haji (CJH) tahun 2018.

"Seluruh dokumen paspor CJH sudah siap, bisa dikatakan Rokan Hilir yang paling cepat se Provinsi Riau bersama dengan Kabupaten Siak," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir Agustiar di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Kamis.

Agustiar menilai, dengan rampungnya dokumen lebih cepat, tidak tertutup kemungkinan rombongan CJH Rokan Hilir yang sebelumnya ditetapkan dalam kelompok terbang (kloter) 10, dimajukan ke dalam kloter pertama.

Pasalnya, ujar dia untuk daerah yang ditetapkan dalam kloter pertama masih belum siap.

Ia mengatakan, dari 222 jumlah CJH terdaftar, yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2018 tahap pertama sekitar 216 orang.

"Sebanyak enam orang batal karena faktor sakit atau tidak Istithaah (tak mampu) untuk berangkat menunaikan ibadah haji," sebut Agustiar.

Sementara untuk tahap kedua yang dimulai pada 16-25 Mei, yang sudah melunasi BPIH sebanyak empat JCH. Terdapat delapan JCH yang masuk kuota ini, terangnya, tiga diantaranya merupakan penggabungan dengan muhrim dan satu JCH mutasi dari Rokan Hilir ke Kabupaten Kampar.

"Jika ditambahkan dengan dua tenaga Tim Pemandu Haji Daerah bersama dengan yang sudah melunasi BPIH, total CJH Rokan Hilir sampai saat ini sebanyak 222 orang," katanya.

Agustiar mengharapkan seluruh proses yang diperlukan dapat berjalan dengan lancar sehingga tinggal lagi persiapan seperti kegiatan manasik di kecamatan dan kabupaten.**