Rakernas Hanura Dihadiri Presiden Jokowi, Okupansi Hotel di Pekanbaru Penuh

id rakernas, hanura dihadiri, presiden jokowi, okupansi hotel, di pekanbaru penuh

 Rakernas Hanura Dihadiri Presiden Jokowi, Okupansi Hotel di Pekanbaru Penuh

Sumber : Antaranews

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Riau mengklaim bahwa kunjungan Presiden Joko Widodo dan Rakernas Partai Hanura di Kota Pekanbaru cukup mempengaruhi tingkat hunian atau okupansi hotel-hotel di daerah tersebut.

"Kalau kehadiran Jokowi tidak terlalu berpengaruh, tapi terbantu jugu dengan Rakernas Hanura," ucap Ketua PHRI Riau, Nofrizal di Pekanbaru, Selasa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Riau pada 8-9 April untuk menghadiri beberapa agenda, yakni acara Partai Hanura, peluncuran program peremajaan kelapa sawit di Riau, serta peringatan Ulang Tahun Nahdatul Ulama (NU).

Nofrizal menjelaskan berdasarkan data yang diterima pihaknya, sebenarnya kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap jumlah kunjungan di berbagai hotel yang ada di Pekanbaru. Sebabnya, menurut Nofrizal kedatangan Presiden tersebut bersifat insidentil dan hanya untuk beberapa pihak saja.

Kendati demikian, karena kehadiran Presiden bersamaan waktu untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Hanura yang juga di hadiri langsung oleh Ketua Umum Oesman Sapta Oedang, hal tersebut mendatangkan peningakatan okupansi hotel.

Ia menambahkan sejumlah hotel mencatat bahwa kebanyakan para pengunjung ialah mereka yang datang untuk menghadiri Rakernas tersebut.

"Justru pada saat check-in hotel, para pengunjung tersebut mengatakan kedatangan mereka untuk menghadiri Rakernas Partai Hanura," imbuhnya.

Hal lainnya yang dinilai juga mempengaruhi tingkat okupansi hotel di Pekanbaru ialah dengan adanya momentum perinatan ulang tahun atau Harlah Nahdlatul Ulama (NU) di Pekanbaru yang berlangsung juga pada saat kunjungan Jokowi. Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya iven tersebut sejumlah kunjungan hotel mulai nampak perubahannya. Kendati ia tidak merincikan lebih jauh soal berapa jumlah kunjungan tersebut, namun hal ini dikatakannya berdasarkan data yang telah diterima pihaknya.

Nofrizal berharap agar kunjungan maupun kegiatan yang berskala Nasional seperti ini dapat diadakan cukup sering di Pekanbaru. Pasalnya dengan banyaknya kegiatan yang berskala nasional tersebut banyak sektor lain yang juga akan ikut menikmati hasilnya. Seperti sektor pariwisata maupun sektor ekonomi lainnya. Oleh karena itu ia berharap kepada Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemko Pekanbaru untuk terus mengupayakan agar tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk terus meningkat.

"Kan kalau kunjungan meningkat bukan cuma hotel, tapi pariwisata maupun UMKM yang ada di Pekanbaru ataupun Provinsi Riau akan menikmati hasilnya," pungkasnya.

Padahal, pada hari-hari biasa tingkat okupansi hotel di Pekanbaru sulit untuk mencapai angka 50 persen.

***1***

Oleh Retmon Bensal Putra