Siak tampilkan produk UMKM pada Rakernas JKPI di kampungnya Ganjar Pranowo

id Siak tampilkan produk, Produk kreatif UMKM, Rakernas JKPI Semarang

Siak tampilkan produk UMKM pada Rakernas JKPI di kampungnya Ganjar Pranowo

Saung Pemkab Siak yang menampilkan produk UMKM dan karya kreatif dikunjungi perancang busana dan kepala daerah pada Pameran Rakernas JKPI di Semarang. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, Riau (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak menampilkan produk usaha mikro kecil menengah dan karya kreatif pada rangkaian acara Rapat Kerja Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia ke-10 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bupati Siak Alfedrididampingi Istri Rasidah yang hadir pada kegiatan tersebut, mengatakan saung pameran produk Siak ramai dikunjungi para kepala daerah yang tergabung di JKPI. Momen tersebut terjadi pada pembukaan Pameran dan Bazar serta Galeri Industri Kreatif di Gedung Outtrap Little Netherland Kawasan Kota Lama, Semarang.

"Pengunjung menyukai Kue Bolu Kemojo dan Kue Kasidah. Salah satunya Bapak Samuel Wattimena, seorang perancang busana Indonesia legendaris. Beliau juga sangat menikmati minuman es jeruk kasturi," kata Alfedri melalui pesan elektronik yang diterima di Siak, Rabu.

Selain itu, lanjut Alfedri, Sekretaris Daerah Kota Semarang, Izwar Arifin dan Direktur JKPI, Nanang Asparinal dan sejumlah bupati mengunjungi saung Siak. Mereka mengapresiasi produk UMKM hasil perajin anak negeri.

Menurut Bupati, kekurangan yang ada adalah tidak terlihatnarasi dari produk UMKM Indonesia. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah besar bagaimana menyampaikan narasi pada produk yang ada.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Siak, Arisman mengatakan pada pameran produksi UMKM pihaknya juga menampilkan tenun dan batik Siak.

Dia mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas produksi dan kemasan produk agar bisa bersaing di setiap event yang diikuti seperti JKPI ke-10 di Semarang saat ini.

"Kamijuga menampilkan kerajinan, suvenir dan batik. Suvenir yang sudah terkenal kamipromosikan, jadi jika ada permintaan besar dan daerah lain memesan kamilayani," ujarnya.

Rakernas JKPI X digelar pada 22-26 Agustus 2023 diikuti 73 kabupaten/kota se-Indonesia yang tergabung dalam JKPI. Persyaratannya memang memiliki pusaka alam dan pusaka budaya untuk dilestarikan