Legislator Siak Desak Pemda Perbaiki Jalan Rusak

id legislator siak, desak pemda, perbaiki jalan rusak

Legislator Siak Desak Pemda Perbaiki Jalan Rusak

Siak, (Antarariau.com) - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Siak mendesak pemerintah kabupaten wilayah setempat untuk segera memperbaiki jalan-jalan yang sudah rusak karena bisa membahayakan pengguna jalan.

"Saya melihat banyak sekali jalan-jalan di kabupaten Siak yang berlubang-lubang terutama jalan lintas Siak-Sungai Pakning, untuk itu pihak Dinas PU Tarukim Siak agar segera memperbaikinya," kata anggota komisi III DPRD Siak, Syamsurizal, Sabtu.

Menurutnya, jalan yang sudah rusak itu harus segera diperbaiki guna menghindari jatuhnya korban jiwa. Berhubung sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

"Sebentar lagi sudah memasuki bulan puasa dan masyarakat akan mudik menjelang lebaran, berarti jumlah pengendara yang melewati jalan tersebut akan lebih ramai dari biasanya," ungkap dia.

Dia katakan, semakin lama jalan-jalan yang rusak ringan dan sedang itu akan semakin memperparah kondisinya. Karena selalu dilalui pengguna jalan ataupun truk pengangkut barang.

"Semakin lama diperbaiki, semakin besar jalan itu rusak, karena selalu dipijak kendaraan," sebutnya.

Dia mencontohkan, seperti halnya jalan yang rusak di sepanjang Kampung Langkai hingga ke Kecamatan Sabak Auh.

"Tampak kondisi jalan rusak berada di beberapa ruas jalan, disertai lobang. Tak jarang para pengendara menabrak lubang hingga menyebabkan kendaraan oleng bahkan hingga kecelakaan," ujarnya.

Jika terus dibiarkan lanjut dia, kondisi ini dikhawatirkan dapat menyebabkan meningkatnya angka kecelakaan bagi para pengemudi jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tarukim Siak, Irving Kahar menyebutkan banyaknya jalan rusak di wilayah Kabupaten Siak disebabkan kendaran kelapa sawit yang kelebihan beban (overload).

"Ditambah lagi kelas jalan tidak sesuai kapasitas jalan dengan muatan kendaraan, kapasitas jalan delapan ton, sementara sawit yang diangkut dengan kapasitas12 sampai 20 ton," ujar Irving saat rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) C DPRD Kabupaten Siak.

Selain itu katanya, kondisi tanah di Siak banyak yang labil sehingga kondisi jalan mudah rusak. Ditambah lagi jalan kabupaten Siak masih jalan kelas III.(Adv)