Jajaran Polres Inhu juga Ajak Perangi Hoax, Apalagi Jelang Pilkada

id jajaran polres, inhu juga, ajak perangi, hoax apalagi, jelang pilkada

Jajaran Polres Inhu juga Ajak Perangi Hoax, Apalagi Jelang Pilkada

Rengat, (Antarariau.com) - Jajaran Polres Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mengajak semua pihak untuk terus memerangi berita bohong (Hoax) agar tercipta suasana aman, damai dan masyarakat mendapatkan informasi yang baik serta akurat.

"Kita sepakat bersama, masyarakat butuh informasi yang valid," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Arif Bastari SIK di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan berita "Hoax" dapat memicu konflik dan persoalan baru jika terpublikasi secara tidak akurat, apalagi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal berlangsung beberapa bulan kedepan.

Kapolres Inhu juga menyebutkan bahwa di era digital saat ini pengaruh berita "hoax" terhadap masyarakat sangat luar biasa, karena akan merugikan seseorang atau kelompok.

"Mari kita perangi bersama," sebut Kapolres.

Menurutnya, untuk memerangi berita "hoax" dibutuhkan peran aktif semua pihak baik itu alim ulama, tokoh masyarakat, cendikiawan bahkan insan pers yang dianggap mampu menembus informasi edukasi hingga ke tingkat desa sekalipun.

Selamatahapan pemilihan pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Riau tahun 2018, semua berita harus berimbang dan diungkapkan secara fakta dengan mengedepankan konfirmasi kepada nara sumber yang tepat, layak dan memiliki komfetensi untuk diminta keterangan.

"Kita semua berharap kondisi Inhu selalu kondusif" ujarnya.

Kapolres juga selalu menyampaikan kepada masyarakat dari tingkat kabupaten hingga desa agar selalu menjaga kondisi yang aman, tidak mudah terprovokasi berdampak kepada ketidaknyamanan semua pika dalam beraktivitas.

Ketua KPU Inhu M Amin mengatakan akan melaksanakan tahapan Pilkada yang profesional, antara lain dengan penempatan alat peraga kampanye (APK) oleh KPU dan pengawasan tahapan Pilkada oleh Panwaslu.

"Mari ikut mensukseskan Pilkada serentak, agar semua berjalan lancar dan sukses," ajaknya.

Dijelaskannya, selama beberapa kali ada Pilkada, proses itu selalu berhasil dan tanpa kendala, namun tahun politik 2018 hendaknya lebih sukss lagi sehingga dapat memberikan contoh kepada daerah lain. **